Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karya Tulis : Nilai Nilai Estetika Ragam Hias Jatim Park I

NILAI-NILAI ESTETIKA RAGAM HIAS
PADA WISATA JATIM PARK I

KARYA TULIS






Oleh :
materitugastugas.com



MATERI TUGAS TUGAS


ABSTRAK


Bangsa Indonesia memiliki kekayaan alam yang menjadi sumber daya dan modal yang besar artinya bagi usaha penanganan dan peningkatan kepariwisataan. Dengan adanya pembangunan di bidang pariwisata dapat memperluas lapangan kerja dan membantu meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Obyek wisata Jatim Park 1 sebagai obyek wisata yang menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya dengan bekerja sebagai pedagang di Jatim Park 1. Adanya para wisatawan dan minat usaha yang besar dari para pedagang akan mempengaruhi perilaku sosial ekonomi yang tampak dari cara-cara dan aktivitas-aktivitas pedagang dalam kegiatan ekonomi mereka sebagai pedagang di obyek wisata Jatim Park 1. Sebagai makhluk sosial para pedagang juga melakukan interaksi sosial yang terjalin dalam kehidupan sosial pedagang di obyek wisata Jatim Park 1.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif dan mengambil lokasi di obyek wisata Jatim Park 1. Fokus Karya Tulis ini adalah Nilai-nilai Estetika Ragam Hias pada Jatim Park 1. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah melalui internet dan kunjungan lokasi di kawasan jatim park 1.
Hasil penelitian ini menerangkan bahwa obyek wisata jatim Park 1 mempuyai peranan yang penting dalam kehidupan ekonomi masyarakat sekitar. Nilai-nilai Estetika Ragam Hias pada Jatim Park 1.



PERSETUJUAN


Karya Tulis ini disetujui oleh pembimbing sebagai syarat mengikuti Penilaian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 20 ... /20 ... pada :


Hari                 :
Tanggal           :















Pembimbing,



                     
NIP. 



PENGESAHAN


Karya Tulis ini disetujui oleh Kepala Madrasah sebagai syarat mengikuti Penilaian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 20 ... / 20 ... pada :


Hari                 :
Tanggal           :















Kepala MAN Pemalang,



                      
NIP. 



MOTTO DAN PERSEMBAHAN


MOTTO

1.      “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum sehingga merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”
2.      “dan bahwasannya seseorang manusia tidak memperoleh selain apa yang telah diusahakannya” (An-Najm : 39)
3.      “Barangsiapa yang mempelajari ilmu pengetahuan yang ditunjukan untuk mencari ridho Allah bahkan hanya untuk mendapatkan kedudukan atau kekayaan duniawi maka ia tidak akan mendapatkan baunya surge nanti pada hari kiamat.” (Riwayat Abu Hurairah Radhiallahu anhu)


PERSEMBAHAN

Karya Tulis ini dipersembahkan Kepada :
          1.      Ayah dan Ibu tercinta yang selalu memberikan semangat belajar kepada penulis
          2.      Guru Pembimbing
          3.      Teman-teman seperjuangan kelas XI .... khususnya dan kelas XI Umumnya
          4.      Adik dan Kakak Kelas X dan XII
          5.      Para Pembaca yang Budiman.



PRAKATA


Alhamdulillah dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis dengan baik. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kita ke zaman terang benerang sampai pada zaman modern ini.

Dalam kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bimbingan pengetahuan, nasihat, dukungan dan bantuan yang diberikan oleh :

      1.                 selaku Kepala                        yang kami hormati.
      2.                  selaku Guru Bahasa Indonesia sekaligus wali kelas  

Kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan, penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, mengingat keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang dimilii oleh penulis. Meskipun demikian, berkat rahmat dan anurah-Nya, bantuan petunjuk dari berbagai pihak, penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis ini dengan baik

Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan semua kritik dan saran yang membangun kesempurnaan Karya Tulis ini.


Pemalang,



Penulis



DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL              
ABSTRAK              
HALAMAN PERSETUJUAN
HALAMAN PENGESAHAN 
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN 
PRAKATA              
DAFTAR ISI              
DAFTAR GAMBAR 
BAB I PENDAHULUAN
          A.    Latar Belakang Masalah 
          B.     Pembatasan Masalah
          C.     Tujuan Penulis
          D.    Metedologi Penulisan
          E.     Sistematika Penulisan 
BAB II TINJAUAN UMUM 
          A.    Pariwisata 
          B.     Ekonomi 
          C.     Letak Geografis Jatim Park I 
BAB III NILAI-NILAI ESTETIKA JATIM PARK I 
          A.    Apa Saja Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Ragam Hias Pada Jatim Park I Bagi Pengunjung? 
          B.     Wahana-Wahana Apa Saja Yang Mengandung Nilai-Nilai Estetika Kebudayaan Di Jatim Park 1? 
          C.     Bagaimana Cara Meningkatkan Nilai Estetika Ragam Hias Di Jatim Park I?
BAB IV PENUTUP
          A.    Simpulan 
          B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

      A.    Latar Belakang Masalah
Study tour / karya wisata adalah salah satu kegiatan suatu sekolah yang wajib. Dengan adanya karya wisata kita dapat mengerti perkembangan wisata secara nyata, dan dapat pula mengembangkan daya pikir atau imajinasi kita. Kegiatan ini juga dilakukan agar dapat menyusun karya tulis. Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi semua Kelas. Dalam penyusunan karya tulis ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama mengajukan study tour dan pengetahuan selama mengikuti Study Tour. Sehingga dengan adanya Study Tour selain akan menambah wawasan, juga dapat dijadikan kegiatan refreshing / penyegaran.
Kota Malang  adalah kota yang kaya akan tempat wisata. Dikota itu banyak terdapat berbagai tempat wisata, baik wisata ilmu pengetahuan, wisata rekreasi, dan wisata belanja. Tempat wisata yang kami kunjungi yaitu Jawa Timur Park 1. Selain itu, kegiatan Study Wisata ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman terhadap segala kemajuan ilmu pengetahuan dan arena rekreasi.

      B.     Pembatasan Masalah
1.      Bagaimana deskripsi tempat Jatim Park 1?
2.      Apa saja Pengaruh nilai nilai estetika ragam hias pada Jatim Park 1?
3.      Wahana apa saja yang ada di Jatim Park 1?

      C.     Tujuan Penulis
1.      Memperkaya wawasan para siswa terhadap lingkungan.
2.      Dalam Rangka penyusunan tugas sekolah.
3.      Sarana belajar menulis berdasarkan pengalaman dan data
4.      Peserta dapat mengetahui pengetahuan tentang sejarah suatu tempat.
5.      Peserta dapat mengetahui manfaat telah dibangunnya suatu tempat.
6.      Memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengadakan pengamatan.

      D.    Metedologi Penulisan
Dalam pembuatan karya tulis ini metode yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat dan sesuai dengan bahasa yang ada adalah sebagai berikut :



1.      Metode Observasi
Dengan menggunakan metode ini saya berusaha mengumpulkan data-data lebih lanjut dengan cara melakukan penelitian terhadap objek yang  diingat  saya  dalam  menulis  karya  tulis  ini  yaitu  Indahnya  Jatim  Park I.
2.      Metode Study Pustaka
Dengan menggunakan metode ini saya mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku-buku kajian teori yang berkaitan dengan bahasa yang akan disampaikan dalam bahasan karya tulis ini yaitu Indahnya Jatim Park I.
3.      Metode Interview
Dengan menggunakan metode ini saya mengumpulkan data-data lebih lanjut dengan cara melakukan wawancara mengenai objek yang diingat saya yaitu Indahnya Jatim Park I.

      E.     Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan karya tulis ini disajikan untuk mengetahui gambaran isi secara keseluruhan pada karya tulis ini. Adapun sistematika penulisannya sebagai berikut:
            BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Pembatasan Masalah
C.     Tujuan Penulis
D.    Metedologi Penulisan
E.     Sistematika Penulisan
BAB II TINJAUAN UMUM
A.    Pariwisata
B.     Ekonomi
C.     Letak Geografis Jatim Park I
BAB III NILAI-NILAI ESTETIKA JATIM PARK I
A.    Apa Saja Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Ragam Hias Pada Jatim Park I Bagi Pengunjung?
B.     Wahana-Wahana Apa Saja Yang Mengandung Nilai-Nilai Estetika Kebudayaan Di Jatim Park 1?
C.     Bagaimana Cara Meningkatkan Nilai Estetika Ragam Hias Di Jatim Park I?
BAB IV PENUTUP              
A.    Simpulan
B.     Saran



BAB II
TINJAUAN UMUM

      A.    Pariwisata
Jawa Timur Park merupakan objek wisata yang memadukan secara serai konsep pendidikan ( Education ) dan konsep pariwisata ( Tourism ) dalam satu ruang dan satu waktu, sehingga mampu menjadi sarana penyebaran informasi tentang khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi ( Biologi, Kimia, Fisika dan Matematika ), Stadium Galeri Belajar Siswa dan kelengkapan alat peraga ilmu pengetahuan ( indoor dan outdoor ) yang di antaranya di dukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya dan sejumlah Universitas Terkemukan ( Negeri maupun Swasta ) di Jawa Timur. Serta dapat menjadi pemandu untuk memperdalam wawasan tentang ragam budaya bangsa dengan Keberadaan galeri etnik nusantara dan anjungan Jawa Timur. Dengan suguhanb ( one stop service ) Jawa Timur Park menyambut kedatangan anda mulai 08.30 – 16.00 WIB setiap harinya.
Selain itu tersedia pula Fasilitas Pendukung berupa Outlet Makanan, Minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bung. Serta Fasilitas Umum yang tak kalah pentingnya yaitu Mushola, Klinik, Nursery Room, Toilet dan Tempat Parkir yang representatif. Jawa Timur di lengkapi Club Bunga Butik Resort dan Pondok Penginapan Jawa Timur Park yang akan membuat acara wisata anda terasa nyaman, tenang, menyenangkan dan tidak terburu-buru karena lokasinya yang relatif dekat dengan Jawa Timur Park 2. Jawa Timur Park adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di kota Batu, Jawa Timur.

      B.     Ekonomi
Jatim Park 1 dinobatkan sebagai juara 1 katerogi wisata buatan berskala besar tingkat nasional yang dianugerahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, Jumat (27/9/2013), di Jakarta. “Saya tidak menyangka Kota Wisata Batu sedemikian indah. Kita tidak perlu ke Disneyland, Ancol, cukup disini (Batu, Red),” kata Mari Elka Pengestu di Klub Bunga dalam acara Galadinner bersama Muspida Malang Raya, Rabu (2/5/2013).
Selain itu tersedia pula Fasilitas Pendukung berupa Outlet Makanan, Minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bung. Serta Fasilitas Umum yang tak kalah pentingnya yaitu Mushola, Klinik, Nursery Room, Toilet dan Tempat Parkir yang representatif. Jawa Timur di lengkapi Club Bunga Butik Resort dan Pondok Penginapan Jawa Timur Park yang akan membuat acara wisata anda terasa nyaman, tenang, menyenangkan dan tidak terburu-buru karena lokasinya yang relatif dekat dengan Jawa Timur Park 2. Jawa Timur Park adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di kota Batu, Jawa Timur.

      C.     Letak Geografis Jatim Park I
Objek wisata Jawa Timur Park  berada sekitar 20 km barat kota Malang. Alamat Jatim Park 1 terletak di Jalan Kartika 2 Kota Wisata Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Nomor telp. (0341) 597777 & SMS Center di 0857-5529-7777.Akses jalan menuju ke objek wisata Jatim Park 1 sangat mudah untuk dilalui baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda dari pusat kota Malang, Anda bisa sampai di kota wisata Batu dalam waktu sekitar 30 menit saja. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa menggunakan salah satu dari 2 jalur alternatif yaitu melalui jalan Ahmad Yani lalu berbelok di Karang Lo atau lurus saja melalui jalan Tlogomas.



BAB III
NILAI-NILAI ESTETIKA JATIM PARK I

      A.    Apa Saja Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Ragam Hias Pada Jatim Park I Bagi Pengunjung?
Ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi pola dalam suatu karya kerajinan atau kesenian. Ragam hias dapat dihasilkan dari proses menggambar, memahat, mencetak dsb. untuk meningkatkan mutu dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Nilai estetika adalah nilai / ilmu yang membahas bagaimana keindahan bisa terbentuk dan bagaimana supaya dapat merasakannya.
Kota Batu menyimpan banyak keindahan. Selain wisata alamnya, beberapa desa di Batu juga menjadi daya tarik kunjungan bagi banyak wisatawan. Beberapa diantaranya adalah: Desa perkebunan apel
Desa wisata ini terletak di desa Sidomulyo. Desa ini menawarkan satu perkebunan yang luas dan pohon apel sebagai menu utama perkebunannya. Para pengunjung bisa memetik langsung buah apel langsung dari pohonnya atau untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh. Sebagai sarana pendukung, di desa ini juga di sediakan penginapan atau guess house untuk wisatawan yang ingin menginap. Keramahan penduduk desa Sidomulya menjadi satu nilai tambahan bagi wisata desa ini.
Desa wisata ini terletak di dua tempat, yaitu di desa Pandanrejo dan desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji. Di sini, para pengunjung bisa mendapat sayuran yang masih segar dan sehat langsung dari kebunnya. Jenis sayuran sangat beragam seperti, brokoli, kailan, kubis, wortel, dan banyak lagi.
Masih di desa Pandarejo, kecamatan Bumiaji, terdapat desa bunga. Desa ini menyimpan beranega ragam tanaman hias khas kota Batu.

      B.     Wahana-Wahana Apa Saja Yang Mengandung Nilai-Nilai Estetika Kebudayaan Di Jatim Park 1?
Ragam Nilai-Nilai Budaya Bangsa Yang Tercermin Dalam Obyek Wisata Budaya Jawa Timur Park (Jatim Park 1) Di Kota Batu. Obyek wisata budaya Jawa Timur Park 1 Kota Batu mengandung Ragam Nilai-nilai budaya bangsa yang dapat ditemukan melalui simbol-simbol dalam stan-stan kebudayaan yang ada didalam Jatim Park 1. Kenyataan itu menggambarkan karakteristik budaya bangsa yang beraneka ragam. Dalam kenyataanya nilai-nilai budaya bangsa tersebut dapat dipelajari dan dapat dipakai sebagai acuan kehidupan. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai ragam nilai-nilai budaya bangsa tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup profil obyek wisata budaya Jawa Timur Park 1 yang ada di Kota Batu, Ragam nilai-nilai budaya bangsa apakah yang tercermin dalam obyek wisata budaya Jawa Timur Park 1 yang ada di Kota Batu, dan persepsi masyarakat pengunjung tentang nilai-nilai budaya Bangsa yang ada pada obyek wisata budaya Jawa Timur Park 1 di Kota Batu.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa: (1) Jatim Park 1 dibangun tahun 1999 dan diresmikan oleh Menristek yaitu Bapak A.S Hikam tanggal 3 Maret 2002, Jatim Park 1 merupakan salah satu tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur Indonesia. Obyek wisata ini berada sekitar 20 km dari arah barat Kota Malang. Obyek wisata ini memiliki lebih dari 50 wahana yang sangat menarik, Dengan memadukan secara serasi konsep pendidikan (education) dan konsep pariwisata (tourism) membuat objek wisata budaya Jatim Park 1 di Kota Batu menjadi primadona wisata di Kota Batu ; (2) Obyek wisata budaya Jatim Park 1 ialah Obyek wisata yang daya tariknya bersumber pada kebudayaan, diantara ragam nilai-nilai budaya bangsa yang tercermin dalam Obyek wisata Budaya Jawa Timur Park 1 yakni a) nilai persatuan dan kebangsaan; b) nilai ekonomi; c) nilai Juang; d) nilai Kepahlawanan; e) nilai education dan nilai IPTEK; f) Nilai solidaritas/ nilai gotong royong; g) nilai religi; h) nilai Ketekunan; i) nilai keserasian atau nilai keseimbangan; (3) Persepsi masyarakat pada dasarnya menyatakan bahwa berwisata di Jatim Park 1 Kota Batu, dari setiap wahana budaya yang ditampilkan bisa memberikan manfaat untuk menambah pengetahuan pengunjung tentang kebudayaan bangsa dan nilai-nilai baik yang bisa dijadikan contoh untuk kehidupan sehari-hari, Jatim Park 1 dikota Batu sangat cocok untuk melakukan kegiatan Study Tour karena didalamnya sangat kaya akan keragaman budaya yang memiliki banyak nilai, nilai yang berguna bagi diri pribadi terlebih bagi bangsa.
Jatim Park 1 Malang memiliki lebih dari 50 buah wahana yang bisa dinikmati. Berikut beberapa daftar wahana di Jatim Park 1 Batu Malang:


Outdoor Science Center
Learning Gallery
Agro Park
Prehistorical Scene
Flumride and Mythologies
Baby Zoo
Playground
Convoy Car
Mini Jet
Games Room
Remote Car
Wall Climbing
Sky Swinger
Bioskop 3D
Ethnic Gallery
History Park
Numismatic Gallery
Post Office Diorama
Midi Skater
Battery Car
Trampoline
Samba Ballon
Sand Garden
Gokart
Children Mini Cross Area
Star Chase
Bumper Boat
Ghost Mansion
Columbus
Mini Train
Lazer Bumper Car
Bouncy Castle
Pendulum
Air Borne Shot
Volcano Coaster
Flower Gallery
Galaxy Bumper Car
Spinning Coaster
Dragon Coaster
3D Ghost Haunter
Funtastic Swimming Pool
Water Boom
Pipe House
Fish Park
Amphiteather
Flying Fox
Worm Coaster
Sky Chopter
Tourism Market
Aero Test
Mini Swinger
Flying Tornado
Papua and East Java Ethnic Gallery
Chemical & Biology Science Center



      C.     Bagaimana Cara Meningkatkan Nilai Estetika Ragam Hias Di Jatim Park I?
Di zaman yang serba modern ini, persaingan di dunia bisnis sangat ketat jika kita tidak pandai mencari celah bisa jadi kita akan kalah dalam persaingan tersebut. Dengan situasi dan kondisi persaingan yang seperti itu, maka banyak perusahaan yang menitik beratkan perhatiannya pada pelayanan, khususnya untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Hal ini dilakukan agar perusahaan jasa yang dikendalikan tidak kalah bersaing dengan perusahaan jasa lainnya, karena dengan pelayanan yang baik dan ramah atau yang sesuai dengan keinginan kon-sumen, maka tidak menutup kemungkinan kepuasan pelanggan dapat tercipta dengan sendirinya.
Jawa Timur Park merupakan tempat rekreasi yang dipadukan dengan du-nia ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga diharapkan dapat mengundang se-luruh wisatawan domestik maupun mancanegara terlebih bagi para peserta didik untuk mengenal secara lebih dekat kekayaan flora dan fauna, kekayaan budaya bangsa dan kemajuan teknologi.
Permasalahan pokok yang diambil penulis adalah ?pelaksanaan pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pengunjung?. Tujuan dari pelaksanaan PKL ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan pelayanan yang diterapkan Arena Pembelajaran II Taman Belajar dan Rekreasi Jawa Timur Park dalam memuaskan pengunjungnya dan memberikan alternatif kebijaksanaan pemilihan strategi yang efektif untuk memuaskan para pengunjungnya.
Dalam Upaya Me-ningkatkan Kepuasan Pengunjungnya menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pengunjung dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan menerapkan strategi-strategi yang efektif dalam memuaskan pengunjung. Adapun hal-hal yang mempengaruhi kualitas pelayanan adalah (1). Kiner-ja/Performance, (2). Ciri-ciri atau keistimewaan tambahan/Features, (3). Kehan-dalan/Reliability, (4). Kesesuaian dengan spesifikasi/Conformance to Spesifica-tions, (5). Daya Tahan/Durability, (6). Pelayanan/Serviceability, (7). Estetika, (8). Kualitas yang dipersepsikan/Perceived Quality. Sedangkan cara yang dapat digu-nakan untuk menunjukkan kepuasan atau ketidakpuasan atas pelayanan yang diberikan oleh Arena Pembelajaran II Taman Belajar dan Rekreasi Jawa Timur Park yaitu dengan menyediakan kotak saran, e-mail dan nomor telepon yang mu-dah untuk pengunjung hubungi jika mereka ingin menyampaikan keluhannya yang nantinya dapat digunakan sebagai masukan bagi Jawa Timur Park khususnya Arena Pembelajaran II baik dari segi pelayanan ataupun yang berhubungan dengan kepuasan pengunjungnya. Untuk strategi yang efektif yang dapat diterap-kan dalam upaya memuaskan pengunjungnya ada enam strategi, yakni (1). Strate-gi hubungan pemasaran/Relatioship Marketing, (2). Strategi pelayanan pelanggan superior/Supperrior Customer Service, (3). Strategi jaminan jasa/Unconditional Service Guarantees, (4). Strategi penanganan keluhan yang efektif, (5). Strategi peningkatan kinerja perusahaan, (6). Menerapkan fungsi kualitas menye-bar/Quality Function Deployment. Namun Arena Pembelajaran II Taman Belajar dan Rekreasi Jawa Timur Park hanya dapat menerapkan Strategi pelayanan pe-langgan superior/Supperrior Customer Service, strategi penanganan keluhan yang efektif, dan strategi peningkatan kinerja perusahaan karena ketiga strategi tersebut yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi dari Arena Pembelajaran II Taman Belajar dan Rekreasi Jawa Timur Park.
Meningkatkan kualitas pelayanan yang sudah ada karena keinginan dan kebutuhan konsumen selalu berubah, (2). Lebih memperhatikan kesejahteraan karyawannya.
                                   



BAB IV
PENUTUP
           
      A.    Simpulan
Dari karya tulis ini dapat disimpulkan obyek wisata Jatim Park merupakan objek wisata yang baik untuk bermain, disini banyak sekali permainan yang sangat menantang dan dapat untuk menguji nyali. Sehingga banyak pengunjung yang ketakutan tapi tetap menaiki permainan itu satu persatu. Wahana permainan itu seperti Spinning Couster, tornado, jet couster, dan lain-lain.
Tidak hanya wahana permainan, disana juga ada wahana pendidikan yang sangat bermanfaat bagi kita tentang dunia dan lebih mengenal nusantara kita. Di antara wahana pendidikan itu yaitu Galeri Nusantara, Galeri Fisika, Galeri Kimia, dan lain-lain.

      B.     Saran
·         Sebaiknya Jatim Park I menambah wahana permainan menjadi lebih banyak lagi sehingga pengunjung semakin tertarik untuk berkunjung ke Jatim Park I.
·         Sebaiknya wahana pendidikan dibuat lebih menarik lagi, misal dengan menambah wawasan di dalamnya.
·         Sebaiknya dalam melayani pengunjung, para pegawai memberikan pelayanan yang ramah dan sopan.



DAFTAR PUSTAKA





Post a Comment for "Karya Tulis : Nilai Nilai Estetika Ragam Hias Jatim Park I"