Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MAKALAH : Bisnis Online Shop

     Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah makalah yang membahas seputar dunia Bisnis. Dalam makalah ini saya ingin membahas mengenai bisnis online, mulai dari pengertian Bisnis Onle sampai dengan jenis jenis Bisnis Online. saya juhga menyertakan bagaimana cara agar bisnis online kita bisa sukse. Untuk kalian yang menginginkan Shoft Copy (File Asli dalam bentuk Ms. Word) kalian bisa mendapatkanya di sini : MAKALAH : Bisnis Online Shop


MAKALAH : Bisnis Online Shop




KATA PENGANTAR

Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Tuhan.
Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah yang berjudul ‘ ’ ini yang merupakan tugas mata kuliah Pengantar Manajemen.
Penulis menyadari dalam makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.
Demikian semoga makalah ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Amin
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR  
DAFTAR ISI  

BAB I PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang  
B. Rumusan Masalah  
C. Tujuan Penelitian
D. Metode Penelitian

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Bisnis Online
B. Internet Marketing
C. Pengertian Online Shop
D. Kelebihan  Bisnis Online
E. Kekurangan Bisnis Online
F. Pelaku Bisnis Online
G. Jenis-Jenis Bisnis Online
H. Cara Sukses Bisnis Online
I. Cara Memastikan Sebuah Bisnis Online  

BAB III PENUTUP  
A. Kesimpulan  
B. Saran


BAB II
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada era modern ini, sudah banyak perkembangan yang dapat kita lihat saat ini. Salah satunya ialah penggunaan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat tiap tahunnya. Dengan tersedianya fasilitas-fasilitas media social yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Berbagai macam barang bias kita dapatkan secara online. Dari sepatu, baju, tas, aksesoris, kosmetik, bias kita beli secara online hanya dengan melakukan sekali “Klik” saja.
Bisnis online saat ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang keseharianya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Bisnis online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktifitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual. Untuk mendapatkan laba  dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan computer yang dapat diakses melalui jaringan computer lainnya.
Banyak sekali alternative bisnis online tempat kita memperoleh pundi-pundi rupiah dari bisnis online. Sebagai contoh jika anda bias melakukan kegiatan klik-klik iklan yang disediakan oleh pihak advertiser maka anda lebih cocok mendalami bisnis Paid To Click (PTC)

B. Rumusan Masalah
a) Pengertian Bisnis Online dan Internet Marketing
b) Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
c) Elemen dan Pelaku Bisnis Online
d) Jenis-Jenis Bisnis Online
e) Cara Sukses Bisnis Online
f) Cara Memastikan Sebuah Bisnis Online

C. Tujuan Penelitian
Tujuan Penulisan Makalah ini adalah untuk mengeahui perkembangan Bisnis di Dunia yang semakin modern mengetahui perkembangan Bisnis di Dunia yang semakin modern oleh pengaruh teknologi, dan hal ini dapat dimaknai bahwa bisnis bias dimulai kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. Dengan berbagai teknologi saat ini, contohnya smartphone, seseorang bias memulai berwirausaha melalui media social yang juga banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini.



D. Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi, kepustakaan dan deskriptif. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran fakta-fakta gejala yang sudah di teliti 


BAB II
PEMBAHASAN

Sebuah bisnis yang bisa dijalankan secara onlinePada masa sekarang, Perkembangan bisnis online sangat Fanatik.Hal ini dapat dilihat dari banyaknya iklan-iklan yang ada di internet baik dari Indonesia maupun di luar negeri sana. Seolah-olah bisnis online telah menjamur dikalangan masyarakat di dunia. Baik perusahaan yang besar, perusahaan menengah, ataupun yang home industri. Mereka berlomba-lomba untuk melakukan bisnis online di internet, sebab bisnis online dapat menekan biaya promosi yang mahal. Jadi bisnis online dapat memberi untung yang besar terhadap kita yang menjalankan bisnis tersebut asalkan kita serius dan menjalankan bisnis tersebut dengan benar.

A. Pengertian Bisnis Online
Bisnis Online adalah bisnis yang dijalankan secara online di internet(e-commerce). Prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu dijual agar bisa menghasilkan uang. Tapi bedanya, bisnisnya dijalankan secara online di internet. Pemasaran dilakukan melalui internet dan pembelinya didapat melalui internet.
Bisnis Online saat ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang kesehariannya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan untuk Bisinis Online ini, yang jelas pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya internet.
Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis onlineadalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.Saya sendiri cenderung lebih setuju apabila Bisnis Online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi hingga mobil. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
Bahkan yang luar biasa adalah, jika kita memiliki kemampuan memasarkan di internet, sangat terbuka kesempatan luas untuk dapat membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online menurut kamus.web.id adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. 
Banyak dan banyak sekali alternatif bisnis online tempat kita memperoleh pundi – pundi rupiah dari bisnis online. Sebagai contoh jika anda bisa melakukan kegiatan klik – klik iklan yang disediakan oleh pihak Advertiser maka anda lebih cocok mendalami bisnis Paid To Click (PTC). Jika anda mempunya skill dalam menjual barang dan jasa maka bisnis Affiliasi atau Reseller sangat cocok untuk anda. Pintar meracik dan mengembangkan blog maka Bisnis Paid Per Click (PPC) bisa anda gunakan untuk meramaikan blog anda.  Pintar merayu downline, MLM Online cocok buat anda. Dan masih banyak lainnya yang bisa anda coba.

B. Internet Marketing
Pada dasarnya antara Bisnis Online dan Internet Marketing mempunyai kesamaan arti atau makna yang sama yakni sama – sama memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan melalui dunia maya. Namun untuk Internet Marketing lebih berorientasi terhadapat ilmunya atau teknik – teknik mendapatkan uang dari bisnis online tersebut.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Internet Marketing adalah suatu ilmu wajib yang digunakan bagi setiap orang yang ingin mengembangkan usaha atau meraih penghasilan dari internet. Dengan mengetahui cara dan strategi internet marketting yang tepat maka Anda akan mengerti dasar dari pemasaran melalui media internet.
Sebagai contoh apabila anda mempunyai skill atau kemampuan menjual produk – produk dari produsen atau lebih familiarnya Affiliasi. Maka anda pastinya membutuhkan apa yang namanya tempat atau wadah untuk berpromosi. Kemudian anda membuat sebuah blog atau web dan anda kembangkan blog tersebut dengan berbagai teknik untuk mendatangkan pengunjung supaya mereka (pengunjung) membeli produk dari anda. Dengan membuat dan mengembangkan blog inilah anda sudah menerapkan teknik dari Internet Marketing. Dan masih banyak teknik Internet Marketing lainnya tidak hanya dengan membuat dan mengembangkan blog, saya beri contoh dengan berpromosi melalui forum – forum, melalui jejaring sosial, website iklan baris, chat online, dsb.



C. Pengertian Online Shop
Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012). Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80% dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012)
Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.
Pada awal kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh masyarakat dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer, jaringan internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli tersebut. Namun seiring berjalannya waktu,  dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat, sampai mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan berbelanja dengan online.
D. Kelebihan Bisnis Online
Seperti pada artikel umumnya, dimana kelebihan suatu produk selalu dibahas diawal. Untuk itu saya juga akan memulainya dengan membahas kelebihan bisnis online terlebih dahulu, disini setidaknya ada 8 kelebihan bisnis online yang saya rasakan dibandingkan saat saya bekerja sebagai karyawan kantor di kawasan Surabaya.

1. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu
Seperti yang sudah saya singgung diatas, menjalankan bisnis online itu enak, karena kita bisa bekerja dimanapun dan kapanpun, jadi mau kerja di kamar, di halaman rumah atau di rumah teman Anda sekalipun bisa, dengan catatan ada perangkat dan koneksi yang tetap membantu Anda terhubung dengan internet.
Tertarik untuk memulai bisnis online dalam hal marketing ? pelajari cara Belajar Internet Marketing untuk pemula.

2. Kebebasan Dalam Berpakaian
Kebebesan berpakaian inilah yang mungkin tidak akan pernah bisa dirasakan pekerja kantoran pada umumnya. Jadi bersyukurlah bagi Anda yang saat ini bekerja sebagai pebisnis online karena Anda bebas memilih 'seragam kerja' dengan model apapun, termasuk hanya memakai kaos oblong dan celana kolor sekalipun.

3. Tidak Terikat Lembaga
Tidak ada lembaga khusus yang menaungi bisnis online. Anda bebas berpindah-pindah dari satu model bisnis ke model bisnis online yang lain. Kebebasan inilah yang memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih dari 1 pekerjaan di internet.

4. Biaya Yang Murah
Untuk menjalankan bisnis online biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah dibandingkan dengan membuka bisnis di dunia nyata, contoh sederhananya adalah harga sewa toko online yang tentunya berada di bawah harga sewa tempat / membeli ruko.
Baca juga Tempat Kerja Part Time Online yang menjanjikan keuntung bersih jutaan rupiah per bulan dan bisa dikerjakan secara gratis.

5. Transaksi Yang Cepat
Perkembangan teknologi memaksa siapapun untuk bergerak lebih cepat jika tidak ingin tertinggal, begitu pula dalam hal bisnis, kecepatan dalam proses pelayanan menjadi hal yang wajib dimiliki para pebisnis. Kabar baiknya internet membuat segala sesuatunya mejadi lebih mudah dan cepat.

6. Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga
Bisnis online bisa dibilang sebagai pekerjaan yang santai dan tidak terlalu banyak menguras tenaga, jadi untuk Anda yang saat ini berpuasa, saya rasa tidak akan terganggu dengan aktifitas bisnis online ini, karena kenyataanya kita hanya duduk seharian di depan laptop / komputer.

7. Tercipta Peluang Bisnis Online Baru
Hampir setiap hari atau bahkan mungkin setiap jam muncul situs penghasil uang di internet yang menawarkan kerjasama dalam hal bisnis online, rata-rata peluang bisnis online yang mereka tawarkan berjenis PPC (pay per click) seperti Bisnis Google AdSense, Bisnis Affiliate Marketing atau model bisnis online PTC (pay to click), dimana kerja kita hanya tinggal klik iklan yang disediakan oleh situs tersebut.
Untuk mendapatkan penghasilan tambahan silahkan baca juga Lowongan Kerja Part Time Online yang bisa dikerjakan diwaktu senggang.

8. Segala Hal Bisa Diuangkan
Mulai dari status facebook sampai cuitan di twtter juga bisa kita uangkan atau bahasa kerennya monetize. Dengan catatan Anda sudah memiliki banyak follower dan mendapatkan advertiser yang tepat. Media blog pun juga tak luput dari kata monetize, ibarat menyelam sambil minum air, menjalankan hobi ngeblog sambil cari uang, selengkapnya silahkan pelajari Cara Mendapatkan Uang dari Blog.

E. Kekurangan Bisnis Online
Seperti peribahasa 'tidak ada gading yang tak retak' hal tersebut berlaku pula untuk pekerjaan bisnis online, yang pastinya juga memiliki beragam kekurangan dibalik kelebihannya. Apa saja kekurangan bisnis online ? berikut saya jelaskan 5 kekurangan bisnis online.

1. Marak Penipuan Online
Tingginya jumlah para pemain bisnis online baru yang terkadang ingin cepat sukses dalam menjalankan bisnis online, hal tersebut dimanfaatkan para penipu untuk 'menyebar jaring' guna mendapatkan mangsanya dengan iming-iming cara cepat kaya atau sejenisnya, untuk itu jangan mudah percaya dengan model bisnis online yang menjanjikan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat dan mudah, karena rata-rata akan berakhir pada penipuan.

2. Jarang Tersentuh Hukum
Meskipun ada undang-undang ITE yang melindungi hak konsumen namun tetap saja kasus penipuan online yang telah terjadi jarang sekali berakhir pada pengadilan, karena mungkin tidak cukup bukti atau alasan lain juga karena si korban enggan untuk melapor ke polisi.

3. Penyebaran Internet Belum Merata
Tidak perlu jauh-jauh melihat ke luar pulau seperti NTB atau Papua, di Jawa saja, khususnya daerah Jawa Timur masih ada beberapa lokasi yang tak terjamah oleh jaringan internet. Problem lain terkait internet yaitu mahalnya harga smartphone yang mungkin tidak terjangkau oleh kalangan mengah kebawah.

4. Keuntungan Yang Tidak Instan
Inilah yang seringkali dikeluhkan para pebisnis online pemula atau mereka yang baru terjun ke dalam bisnis online, mereka measa tidak mendapatkan untung dari bisnis online yang dijalankan, padahal kenyataanya untung dari bisnis online memang tidaklah instan. Contoh nyatanya adalah Tokopedia dimana perusahaan tersebut sudah berdiri selama 5 tahun namun tidak mendapatkan keuntungan, barulah di penghujung tahun mereka meluncurkan program Membership Gold dan dari situlah Tokopedia mulai merauk keuntungan. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang menjalankan bisnis online di bidang Advertising Blog.

Secara garis besar itulah 8 keuntungan bisnis online dan 4 kerugian bisnis online, untuk Anda yang memiliki pendapat lain terkait kelebihan dan kekurangan bisnis online, silahkan kirimkan pendapat Anda melalui kolom komentar.

F. Para Pelaku Bisnis Online

  1. Owner: sebagian orang yang memiliki produk atau jasa.
  2. Marketer: mereka-mereka yang mempunyai keahlian dalam memasarkan sebuah  -Produk tanpa memiliki produk tersebut.
  3. Publisher: sebagian orang yang mempunyai web/blog dengan menyediakan ruang Sebagai tempat produksi produk.

G. Jenis-jenis Bisnis Online
Affiliate Marketing
kita akan bertindak sebagai seorang pemasaran/sales dari situs bisnis tertentu dalam bentuk kerjasama/partnership.kita akan mendapat bayaran berupa komisi jika produk yang kita pasarkan tersebut laku.Jumlah komisi biasanya berapa persen dari harga produk,jumlahnya tergantung dari peraturan kerjasama masing2 situs.Produk biasanya berupa barang non-fisik berupa e-book,situs bisnis investasi ataupun situs toko online yang menjual barang barang pada fisik,misalnya affiliati dari amazon.com.Untuk jenis bisnis online yang ini jika kita sukses maka kita akan mendapat uang asli dengan jumlah yang surprise.

Reseller
Reseller hampir sama dengan affiliati marketing,namun sebelum bergabung biasanya diharuskan dulu untuk membeli produk mereka dan mematuhi system yang mereka buat..

Produk Informasi
kita akan menjual informasi,misalnya anda memiliki keahlian tertentu dan menjualnya dengan jalan membuat Ebook tutorial maupun mengelola sebuah situs pengelola member yang mengharuskan membayar bagi member untuk bisa membaca informasi dari kita.

Bisnis iklan (Advertising)
Bisnis yang satu ini sangat beragam,untuk Saat ini bisnis periklanan sudah ramai dan paling banyak dijalankan.Misalnya kita membuat sebuah situs yang akan mempertemukan si pengiklan (advertiser) dan penayang (publisher).
Andkamua akan diuntungkan oleh penayang karena iklan dari advertiser kita mendapat bayaran dari advertiser karena iklan mereka dapat klik dari pengunjung situs si penayang dan si penayangpun diuntungkan dari berapa nilai perkliknya yang anda berikan.Yang seprti ini biasa disebut dengan situs PPC,atau adsense seperti yang dikelola google. Sebagai publisher, misalnya kita mengelola sebuah blog dan memasang tarif untuk pemasang iklan diblog kita.

Paid To Click/PTC
Adalah mengklik iklan yang disediakan oleh situs dan melihat tayangan iklan tersebut, yang ini saya belum begitu mengenalnya.

Paid To Review
Adalah mendapatkan bayaran dengan menjual jasa berupa artikel review pada blog atau situs kita tentang sebuah produk atau sebuah blog/situs lain. Jadi ulasan atau artikel review kita tersebut dibayar oleh mereka. Kalau blog atau situs kita sudah populer atau banyak visitor,akan ada saja nanti yang datang sendiri mengontak kita untuk menawarkan review ini.

Jualan link
Memasang link (anchor text) ataupun banner link yang mengarah kesebuah situs tertentu dengan imbalan uang,biasanya kontrak untuk ini dibayar perbulan atau tergantung perjanjian. Ini berkaitan juga dengan Bisnis iklan atau jasa backlink.Sama dengan Paid to Review,blog kita harus memiliki blog yang populer dan memiliki pengunjung.

Toko Oline
Menjual barang nyata melalui media di internet. kita berjualan barang pada umumnya, dengan mengelola sebuah situs yang memajang foto,harga dan cara pemesanan aneka dagangan kita disitus toko online tersebut juga disertai keterangan mengenai peraturan transaksi dsb.

Content Writer
jika kita memiliki kemampuan menulis artikel,kita bisa menawarkan diri dengan menjual jasa pembuatan karya tulisan kita kepada sebuah blog milik orang lain.Yang ini cukup simpel,tidak perlu harus membuat blog/situs.Jika kita bisa membuat situs untuk menawarkan jasa kita tersebut, kemungkinan karya kita akan laris manis.

Jasa Online
Menyediakan jasa yang dibutuhkan oleh pebisnis lain.misalnya jasa web hosting, jasa pembuat web site atau website designer, jasa kursus online seperti khursus bahasa programer, jasa konsultan dan banyak lagi.

Menjual website ataupun Blog
Buatlah sebuah situs, kelola dengan baik dan jika sudah terkenal dan memiliki PageRank,pengunjung yang banyak (biasanya sebuah blog),akan laku jika dijual.

Investasi Online
Menginvestasikan sejumlah uang di internet dengan harapan mendapat pelipatgandaan. Peringatan!..tidak semua investasi online itu perusahaan yang baik baik,pelajari baik baik dulu sebelum memulainya. Investasi online antara lain adalah Forex online trading.Saham online

Bisnis MLM
Untuk bisnis yang satu ini juga harap waspada,banyak yang memiliki unsur tipu tipu.Bermodal sekian dengan dijanjikan hasil yang berlipat lipat.Biasanya sistem kerja dari mlm ini adalah kita disuruh menyetorkan sejumlah uang kepada level diatas kita. Dan kita harus mendapat anggota dibawah level kita untuk mendapat uang.Yang bawah selalu dirugikan.

Domain Parking
Membeli domain lalu diparkir. Kita akan membeli banyak domain dengan nama yang sebagus bagusnya dan nantinya didiemin saja cuma dipasangin iklan saja.Suatu saat domain kita tersebut akan ada pembelinya dan kita jual lebih mahal.



Sebenarnya masih banyak lagi segala bentuk bisnis online,dan biasanya selalu berubah ubah mengikuti sebuah trend.
Kecuali periklanan yang masih tetap eksis dari dulu,bahkan semakin berkembang.
Pilihlah yang kira kira kita mampu dan mau menjalaninya. jika masih meraba raba kira kira yang cocok,coba lirik dan pelajari dulu tentang publisher.Dengan mengelola sebuah blog yang dibangun dengan sungguh sungguh,dan yakin atas usaha dan kemampuan sendiri.Suatu saat blog anda akan menjadi sumber duit yang tidak pernah anda sangka sangka sebelumnya.
Jika kita mengelola sebuah blog maka nantinya kita akan bisa menjalani beberapa jenis bisnis online diatas.Yaitu Paid to review,jualan link dan advertising/publisher.
Yang jelas,semua jenis bisnis itu membutuhkan kerja keras,pengorbanan baik modal dan waktu.Hanya yang digeluti dengan sungguh sungguh dan fokuslah yang akhirnya akan panen suatu saat nanti.Tidak ada istilah instant dan kaya mendadak tanpa melalui sebuah proses.

H. Cara Sukses Usaha Bisnis Online
Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara sukses usaha bisnis online. Adapun dalam tulisan ini akan dipaparkan 10 cara sukses bisnis online yang tentunya akan sangat bermanfaat Anda baca:
1) Tentukan Tujuan
Dalam menentukan tujuan ini, Anda harus terlebih dahulu memikirkan sebuah tujuan, tentang sektor bisnis online apa yang akan hendak dilakoni. Sebagai contoh bisnis online jualan baju lewat Facebook, binsin online membuat Blog, bisnis online melalui Twitter dan lain sebagainya. Dengan memantapkan tujuan bisnis online, tentunya akan mempengaruhi keberhasilan usaha online yang akan dilaksanakan nantinya.

2) Riset Pasar
Memulai bisnis online sesuai minat merupakan hal yang baik. Dan akan lebih baik jika sebelumnya diikuti dengan riset. Melakukan riset pasar adalah cara untuk mengendus seberapa baik potensi pasar.

3) Jangan Ditunda
Jika sudah punya tujuan Bisnis Online maka segera lakukan, laksanakan. Jangan ditunda-tunda. Sebab sering kejadian sesuatu yang ditunda akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Apalagi kalau sudah punya ide, langsung laksanakan jangan ditunda.

4) Lakukan Bertahap
Menjalankan bisnis online bukan kerja semalam. Namun merupakan kerja yang membutuhkan konsistensi dan dilakukan secara terus menerus. Pebisnis online selalu punya langkah lanjutan untuk membuat bisnis onlinenya lebih sukses.

5) Perluas Jaringan
Teman, kawan dan jaringan merupakan kepanjangan tangan dari pengaturan rejeki yang sudah diatur oleh Tuhan. Makin banyak jaringan anda, makin banyak pintu rejeki akan mengalir pada anda.

6) Marketing
Marketing atau pemasaran adalah penggerak dari segala jenis bisnis di dunia ini, termasuk di bisnis online. Di dunia Bisnis manapun Marketing adalah pendukung utama penjualan, jangan bosan untuk melakukan Marketing. Perusahaan yang sudah besar sekalipun tidak bosan-bosan melakukan Marketing.

7) Berani Ambil Resiko
Yang namanya Resiko disetiap kegiatan apapun selalu ada, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Tinggal bagaimana kita memandang resiko terutama resiko yang buruk. Kata para ahli orang yang sukses adalah orang yang berani ambil resiko.

8) Harus Fokus
Jangan mudah berpindah arah. Tetap fokus dengan bisnis online anda. Ada banyak “godaan” di bisnis online, dan di sini FOKUS anda diuji.

9) Jangan Bosan
Mungkin ada saatnya anda mengalami kebosanan saat harus menjalankan ini itu agar bisnis online anda tetap berjalan. Bosan merupakan sifat yang sangat manusiawi. Namun untuk berhasil anda harus bisa mengalahkan sifat mudah bosan. Yang namanya hidup ini adakalanya kita merasa bosan, makan saja kadang bosan. Tapi rasa bosan jangan dibiarkan, cari variasi lain biar nggak bosan

I. Cara Memastikan sebuah Online Shop
Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan belanja online (online shop) ini. Berikut tips tips cara memastikan keaslian sebuah online shop :  

  1. Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggunakan Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
  2. Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi.
  3. Bila lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko enggan menggunakan rekening bersama, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.
  4. Coba cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu. 


BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Tetapi, arang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.



B. Saran
Dalam berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas ada satu jengkal lagi.
Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.


1 comment for "MAKALAH : Bisnis Online Shop"

  1. Bosen dengan permainan anda ???
    Yang tidak ada bonus,proses lama serta tidak aman

    Tingalkan semua itu dan mari join bersama kami di ZEUSBOLA

    promo zeusbola tidak akan mengecewakan anda!

    bonus yang bisa membuat anda untung banyak dan hadiah iphone !

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    ReplyDelete