Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karya Tulis : Beasiswa UINSA Surabaya

Hallo para murid-murid SMA semua, bagaimana kabarnya? baik semua kan? kali ini saya dimintai tolong untuk membuatkan sebuah karya tulis dari seorang murid SMA di daerah saya. Karya tulis ini menyangkut tentang Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. di dalam karya tulis ini menyangkut segala hal tentang UINSA Surabaya khususnya pada bagian Beasiswa yang diberikan oleh UINSA Surabaya untuk para calon mahasiswanya. berikut ini adalah karya tulis yang dapat saya sajikan semoga dapat bermanfaat untuk para murit-murid semua.

BEASISWA
UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

KARYA TULIS

logo

Oleh :
MATERI TUGAS TUGAS


ABSTRAK

Miladia Nurul Fajar 2019. Meningkatkan Daya Tarik UIN Sunan Ampel Melalui Beasiswa.
Beragamnya beasiswa di UIN Sunan Ampel sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya peminat di UIN Sunan Ampel. Program Beasiswa juga sangat menonjol pengaruhnya terhadap semangat para mahasiswa di UIN Sunan Ampel, sehingga mereka selalu meningkatkan kualitas diri mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan daya tarik UIN Sunan Ampel melalui beasiswa khususnya metode penulisan karya tulis yaitu metode observasi, metode interview, dan metode pustaka. Hasil menunjukan bahwa beasiswa memang dapat menjadi salah satu cara meningkatkan daya tarik UIN Sunan Ampel.

PERSETUJUAN

Karya Tulis ini telah disetujui oleh Guru Pembimbing sebagai Tugas ____________ Kelas ________ SMA ________________ Tahun Pelajaran 20__/20__ pada :



Hari                 :
Tanggal           :



__________ ,                         2019
Guru Pembimbing

PENGESAHAN

Karya Tulis ini telah disahkan oleh Kepala SMA ________________ sebagai Tugas __________ Kelas ________ SMA ________________ Tahun Pelajaran 20__/20__ pada :


Hari                 :
Tanggal           :



Pemalang,                          2019
Kepala SMA ________________



____________

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
  • Visi tanpa tindakan adalah lamunan, tindakan tanpa Visi adalah buruk.
    (Albert Einstein)

  • Selagi kau mau berusaha dan berdo’a percayalah kesuksesan akan menghampirimu
    (Penulis)

  • Jagan biarkan dirimu menyia-nyiakan waktu dengan hal yang kurang bermanfaat.
    (Penulis)

  • Kegagalan adalah kepercayaan dirimu
    (Penulis)

PERSEMBAHAN

Karya Tulis ini penulis persembahkan kepada :
       1.      Ayah dan Ibunda tercinta
       2.      Bapak Kepala SMA ____________
       3.      Bapak Ibu Guru SMA ____________
       4.      Kakak-kakak Kelas ___ dan Adik-akuk Kelas ___ SMA ____________
       5.      Para pembaca yang budiman

PRAKATA

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan dan menyusun Karya Tulis yang berjudul “ Beasiswa UINSA Surabaya” dengan baik.
Disamping itu, apa yang telah terwujud dan terlaksana ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.      ____________ selaku Kepala SMA ____________
2.      ____________ selaku Wali Kelas ____________
3.      ____________ selaku Guru Pembimbing.
Akhirnya penulis menyadari bahwa Karya Tulis ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna sehingga banyak hal yang perlu diperbaiki. Oleh karena itu, penulis mengharapkan segala bentuk kritik dan saran demi menindaklanjuti karya-karya tulis yang akan dating.
Sungguh penulis tidak dapat memberi balasan apapun kecuali dengan do’a, semoga Allah SWT. Memberikan balasan pahala yang berlipat ganda atas amal kebaikan yang telah dilakukan.

_________ ,                          2019



Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
HALAMAN PERSETUJUAN
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN
PRAKATA
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
       A.    Latar Belakang Masalah
       B.     Rumusan Masalah
       C.     Tujuan Masalah
       D.    Metode Penulisan
       E.     Sistematika Penulis

BAB II ISI TUJUAN UMUM
       A.    Sejarah UIN Sunan Ampel
       B.     Pengertian Beasiswa

BAB III MENINGKATKAN DAYA TARIK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
       A.    Perkembangan UIN Sunan Ampel Surabaya dari Masa ke Masa
       B.     Sistem Beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya
       C.     Cara meningkatkan daya tarik UIN Sunan Ampel Surabaya melalui beasiswa

BAB IV PENUTUP
       A.    Simpulan
       B.     Saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) merupakan lembaga penyedia pendidikan yang berbasis islami. Universitas ini tidak hanya membentuk mahasiswa dan alumni paham pendidikan islami tetapi juga pendidikan umum. Sehingga apabila digabungkan maka tujuan pendidikan di UNISA adalah untuk meraih kesuksesan dunia dan akherat.

Perkembangan UNISA mengalami peningkatan dari masa ke masa. Hal ini terlihat dengan adanya perubahan status dari IAIN Sunan Ampel menjadi UIN Sunan Ampel. Dalam pencapaiannya, UINSA mengambil peran dalam bentuk program beasiswa. Program beasiswa ditawarkan kepada mahasiswa berprestasi dan yang kurang mampu. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka memberi kesempatan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikannya tanpa terhalang oleh biaya yang besar dan memberikan penghargaan bagi siswa yang mempunyai bakat dan keunggulan dalam bidang Agama, Sains, Teknologi, Seni Budaya, serta Bidang Olahraga. Salah satunya yaitu keunggulan bidang agama dengan prestasi hafal Al-Qur’an.

Program beasiswa di UINSA menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan minat calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Dengan banyaknya minat calon mahasiswa baru terhadap UINSA maka keberhasilan didirikannya sebuah Universitas pun akan lebih mudah tercapai.

Dari pemaparan di atas, penulis mengambil kesimpulan dengan memberi judul karya tulis ini “Beasiswa UINSA Surabaya”.

B.     Rumusan Masalah

  1. Bagaimana perkembangan UIN Sunan Ampel Surabaya dari masa ke masa?
  2. Bagaimana system beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya?
  3. Bagaimana cara meningkatkan daya tarik UIN Sunan Ampel Surabaya melalui beasiswa ?

C.     Tujuan Penulisan

  1. Untuk mengetaui perkembangan UIN Sunan Ampel Surabaya dari masa ke masa.
  2. Untuk mendeskripsikan system beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya.
  3. Untuk mengetahui cara meningkatkan daya tarik UIN Sunan Ampel Surabaya melalui beasiswa.

D.    Metode Penulisan

1.      Metode Observasi
Metode observasi yaitu metode yang digunakan dalam mencari data dengan cara melihat secara langsung objek yang akan diteliti, metode ini digunakan untuk :
  • Memunculkan data yang sudah diteliti.
  • Menambah dan melengkapi data yang sudah terkumpul.
  •  Melihat kedaan secara langsung
2.      Metode Interview
Metode interview yaitu metode yang digunakan dalam mencari data dengan cara mewawancarai narasumber tentang masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini. Metode interview digunakan untuk :
  • Mengumpulkan data dengan Tanya jawab secara langsung
  • Menguji kebenaran data atau kemantapan data
3.      Metode Pustaka
Metode pustaka adalah metode yang digunakan dalam mencari data dengan cara tertulis yang berkaitan dengan karya tulis ini, metode ini digunakan untuk :
  • Memperoleh data dari narasumber seara tertulis
  • Memperoleh teori-teori dari narasumber secara tertulis.

E.     Sistematika Penulisan

Hal yang dipaparkan dalam karya tulis ini dibagi menjadi beberapa BAB, antara lain adalah sebagai berikut :

BAB I     PENDAHULUAN
Pada BAB ini dikemukakan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan.

BAB II    TINJAUAN UMUM
BAB ini terdiri dari sejarah berdirinya UIN Sunan Ampel Surabaya dan tentang pengertian beasiswa.

BAB III   MENINGKATKAN DAYA TARIK UIN SUNAN AMPEL MELALUI 
BEASISWA
BAB ini meliputi bagaimana perkembangan UIN Sunan Ampel Surabaya dari masa ke masa, bagaimana system beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya, dan bagaimana cara meningkatkan daya tarik UIN Sunan Ampel Surabaya melalui beasiswa.

BAB IV   PENUTUP
BAB ini membahas tentang simpulan dan saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB II
TINJAUAN UMUM

A.    Sejarah UIN Sunan Ampel Suarabaya

UIN Sunan Ampel adalah salah satu perguruan tinggi Negeri di Surabaya yang menyelenggarakan Pendidikan tinggi dengan paradigma keilmuan model menara kembar tersambung (integratet twin – towers). Paradigma ini menerapkan pendekatan islamisasi nalar yang di butuhkan demi terciptanya tata keilmuan yang saling melengkapi antara ilmu - ilmu ke islaman, social - humaniora, serta sains dan teknologi, Nama Sunan Ampel pada UIN tersebut merupakan nama salah seorang Wali Songo, tokoh  penyebar islam di Indonesia.

UIN Sunan Ampel adalah Perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tahun 1965. Perguruan tinggi ini terletak di Jl. A . Yani No. 117 Surabaya. Motto dari UIN adalah  “Building Character Qualities For the Smart, Prous, Honorable Nation”. Saat ini UIN Sunan Ampel Surabaya di bawah pimpinan rektor Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, Ph.D.

B.     Pengertian Beasiswa

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), beasiswa adalah tunjangan uang yang di berikan kepada Pelajar atau Mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar .
Menurut Murniasih (2009), beasiswa adalah bentuk penghargaan yang di berikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke Jejang yang lebih tinggi, Penghargaan tersebut bisa bisa berbentuk akses tertentu pada suatu instansi/penghargaan berupa bantuan keuangan.
Menurut tahirta (2009), beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang di berikan kepada perorangan yang bertujuan untuk di gunakan demi keberlangsungan pendidikan yang di tempuh, Beasiswa dapat di berikan oleh lembaga Pemerintah perusahaan, ataupun Yayasan.
Jadi dapat di simpulkan bahwa beasiswa adalah bantuan untuk membantu Pelajar atau Mahasiwa supaya mereka dapat melanjutkan atau menyelesaikan Pendidikan mereka baik akademik atau non akademik.

BAB III
MENINGKATKAN DAYA TARIK UIN SUNAN AMPEL
MELALUI BEASISWA

A.    Perkembangan UINSA dari Masa ke Masa

UIN Sunan Ampel adalah Universitas Negeri Islam yang berada di Surabaya dengan rector Prof. Masdar Hilmy S.Ag., MA., Ph.D. Berdiri sejak 1965 UINSA memiliki tagline “Building Character Qualities : for the Smart, Pious, Honorable Nation”.

UINSA juga menawarkan rangkaian pilihan Program Studi, yang sudah terakreditasi secara nasional. (75 % terakreditasi “A”)  dan mengadaptasikan standar internasional dalam pennyelenggaraan Perguruan tinggi.

Awalnya, pendirian Perguruan tinggi ini di mulai pada tahun 1950. ketika itu sejumlah tokoh muslim Jawa timur yang menginginkan pendirian perguruan tinggi agama islam di bawah naungan Departemen Agama. Sehingga di selenggarakan lah sebuah pertemuan di Jombang pada tahun 1961. Pertemuan bersejarah tersebut di hadiri oleh rector Universitas Sunan Kali Jaga, Prof Soenarjo yang menyampaikan berbagai gagasanya tentang perlunya penilaian perguruan tinggi Agama Islam di Surabaya. Di akhir pertemuan di peroleh beberapa keputusan penting yaitu :
  1. Membentuk Panitia Pendirian IAIN
  2. Mendirikan Fakultas Syariah di Surabaya
  3. Mendirikan Fakultas Tarbiayah di Malang
Perjuangan pendirian perguruan tinggi ini pun berlanjut hingga pada tahun 1961 dengan di bentuk Yayasan Badan Waqaf kesejahteraan Fakultas Syariah dan fakultas Tarbiah. Kemudian Yayasan tersebut menyiapakan rencana kerja sebagai persiapan pendirian Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel yang terdiri dari Fakultas tarbiyah di Malang.

Perjalanan Perjuangan itu pun sedikit demi sedikit mulai membuahkan hasil. tercatat  pada 28 Oktober 1961 Menteri agama meresmikan pendirian Fakultas syariah di Suarabaya dan fakultas tarbiyah di Malang. Atas dasar pendirian fakultas tersebut, Menteri Agama lantas mendirikan IAIN Sunan Ampel di Surabaya.

Kemudian Perguruan Tinggi ini dengan cepat telah berkembang di seluruh penjuru Indonesia bahkan selama tahun 1966 sampai 1970 IAIN Sunan Ampel telah mempunyai 18 fakultas yang tersebar di Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Karena letak fakultas IAIN Sunan Ampel yang tersebar di mana-mana, beberapa fakultas tersebut akhirnya ada yang melebur dan menjadi bagian dari IAIN daerah lain. Kemudian, seluruh fakultas yang berada di luar Surabaya akhirnya menjadi sekolah otonom dan dinamakan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) sejak tahun 1997. Dan mulai tahun inilah IAIN Sunan Ampel berkonsentrasi di lima fakultas saja yang lokasinya di Surabaya.

Seiring perkembangan zaman dan kurikulum, pada tanggal 1 Oktober 2013, melalui Keputusan Presiden RI No. 65 Tahun 2013, nama IAIN Sunan Ampel berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel. Sejak saat itulah nama kampus ini kerap disebut dengan UINSA.

Sejak berdiri, kampus ini telah mengalami pergantian rektor sebanyak delapan kali. Adapun rektor yang sempat memimpin UINSA antara lain :
  1. Prof H. Tengku Ismail Ya’qub, SH, MA (1965-1972)
  2. Prof KH. Syafii A. Karim (1972-1974)
  3. Drs. Marsekan Fatawi (1975-1987)
  4. Prof Dr H. Bisri Affandi, MA (1987-1992)
  5. Drs KH. Abd. Jabbar Adlan (1992-2000)
  6. Prof Dr HM. Ridlwan Nasir, MA (2000-2008)
  7. Prof Dr H. Nur Syam, M.Si (2009-2012)
  8. Prof Dr H. Abd A’la, M.Ag (2012-sekarang)
Saat ini, UINSA memiliki sembilan fakultas sarjana dan pasca sarjana yang terdiri dari berbagai program studi (prodi). Berikut adalah pembagian prodi-prodi dalam fakultas yang ada di UINSA :
Fakultas Arab dan Humaniora
  • Prodi Bahasa dan Sastra Arab
  • Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam
  • Prodi Sastra Inggris
  • Prodi Bahasa dan Sastara Indonesia
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  • Prodi Ilmu Komunikasi
  • Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
  • Prodi Pengembangan Masyarakat Islam
  • Prodi Bimbingan Konseling Islam
  • Prodi Manajemen Dakwah
Fakultas Syariah dan Hukum
  • Prodi Ahwal al-Syahshiyah (Hukum Keluarga Islam)
  • Prodi Siyasah Jinayah (Hukuk Tatanegara dan Hukum Pidana Islam)
  • Prodi Muamalah (Hukum Bisnis Islam)
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Prodi Pendidikan Agama Islam
  • Prodi Pendidikan Bahasa Arab
  • Prodi Manajemen Pendidikan Islam
  • Prodi Pendidikan Matematika
  • Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
  • Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Prodi Pendidikan Raudhotul Athfal
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
  • Prodi Aqidah Filsafat
  • Prodi Perbandingan Agama
  • Prodi Tafsir
  • Prodi Hadis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Prodi Ilmu Politik
  • Prodi Hubungan Internasional
  • Prodi Sosiologi
Fakultas Sains dan Teknologi
  • Prodi Ilmu Kelautan
  • Prodi Matematika
  • Prodi Teknik Lingkungan
  • Prodi Biologi
  • Prodi Teknik Arsitektur
  • Prodi Sistem Informasi
  • Prodi Psikologi
Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam
  • Prodi Ekonomi Syariah
  • Prodi Ilmu Ekonomi
  • Prodi Akutansi
  • Prodi Manajemen

B.     Sistem Beasiswa di UINSA Surabaya

UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan salah satu Universitas dengan berbagai macam program beasiswa. UINSA menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya yang memenuhi kriteria. Ada banyak beasiswa yang bisa dipilih yang ditawarkan oleh UINSA. Beasiswa tersebut berasal dari berbagai sumber, baik dari UINSA sendiri, ataupun dari Pemerintah dan Perusahaan.

Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa yang beradal dari keluarga kurang mampu yang mengalami kesulitas ekonomi, dan juga diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi. Mahasiswa dapat memilih salah satu beasiswa yang diinginkan sesuai dengan kemampuan atau kondisi diri. Dengan adanya beasiswa tersebut, diharapkan para mahasiswa yang memiliki kesulitan dalam membayar biaya kuliah, bisa terbantu.

Adapun ketentuan umum program beasiswa yang diberikan UINSA antara lain :
1.      Beasiswa Bank Indonesia
  • Mahasiswa Jurusan/Prodi Muamalat (Ekonomi Islam) dan Perbankan (Ekonomi Syari’ah)
  • Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 4 (empat) semester dan / atau telah menempuh 60 (enam puluh) SKS
  • Usia tidak lebih dari 23 (dua puluh tiga) tahun saat menerima beasiswa
  • Mempunyai aktifitas sosial yang memiliki dampak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan
  • Diutamakan berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi kurang mampu
  • Tidak sedang menerima beasiswa, bekerja dan atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga / instansi lain
  • Penerima beasiswa diwajibkan aktif untuk mengikuti dan aktif berpartisipasi pada semua kegiatan yang diberikan dan diselenggarakan oleh Bank Indonesia
  • Bank Indonesia akan melakukan seleksi wawancara guna menentukan kelayakan calon penerima beasiswa sebanyak 40 mahasiswa untuk 2 (dua) jurusan / prodi.
2.      Beasiswa Supersemar
  • Diperuntukkan bagi mahasiswa yang berada di Semester  IV, VI, VIII dan X
  • Memiliki IP minimal 3,00
  • Diutamakan dari keluarga kurang mampu, dinyatakan dengan Surat Keterangan Keluarga tidak mampu, dari Lurah/Desa setempat atau Surat Keterangan GAKIN rangkap 2 (dua)
  • Rajin dan berkelakuan Baik
3.      Beasiswa Mahasiswa Miskin
Diprioritaskan bagi mahasiswa yang belum pernah mendapatkan beasiswa.
1)      Persyaratan Akademik
  • Diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang aktif menjalankan studi dan duduk pada semester II  dan maksimal semester X
  • Memiliki rangking Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75.
2)      Persyaratan Administrasi
  • Menyerahkan berkas-berkas
  • Menandatangani Kesepakatan Bersama Bantuan Beasiswa Miskin
  • Penerima beasiswa tidak diperkenankan mengajukan cuti studi pada tahun berjalan
4.       Beasiswa bagi Mahasiswa Asing
1)      Persyaratan Akademik
  • Diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang aktif menjalankan studi dan duduk pada semester III dan maksimal VII
  • Memiliki rangking Indeks Prestasi Sementara / Kumulatif (IPS/IPK) minimal 3.00
2)      Persyaratan Administrasi
  • Menyerahkan berkas-berkas
  • Penerima beasiswa tidak diperkenankan mengajukan cuti studi pada tahun berjalan
Beasiswa di berhentikan apabila :
  1. Telah menyelesaikan studi yang diberikan dengan hasil ujiandisertasi
  2. Penerima mengundurkan diri dari program beasiswa atas kemauan sendiri, maka yang bersangkutan berkewajiban mengganti kerugian Negara sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. Hasil monitoring dan evaluasi menyatakan penerima tidak layak melanjutkan studi karena tidak mencapai standar mutu minimum prestasi akademik.
  4. Tidak mampu menyelesaikan studi dalam batas waktu yang telah ditentukan
  5. Sakit, cacat atau sebab lain yang menyebabkan  bersangkutan tidak dapat melanjutkan pendidikan.

C.     Meningkatkan daya tarik UIN Sunan Ampel Surabaya melalui Beasiswa

UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan satu lembaga pendidikan formal favorit di jawa timur. Kampus ini juga tak pernah sepi dari antusias calon mahasiswa baru yang ingin berkuliah di sini. Untuk menjaring calon mahasiswa baru terbaik, UIN Sunan Ampel membuka berbagai jalur masuk/PMB tahun 2018. Tak hanya membuka berbagai jalur, UIN Sunan Ampel juga telah mempersiapkan berbagai macam program beasiswa. Dengan beragam beasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Salah satu beasiswa yang dibuka yakni Beasiswa Bibit Unggul di bidang agama, sains, teknologi, seni budaya serta bidang olah raga. Khusus untuk beasiswa di bidang agama, UIN Sunan Ampel membuka pendaftaran beasiswa Tahfidh Al-Qur’an.

“Pemuda masa kini adalah pemimpin masa depan” Begitulah kiranya bunyi sebuah pepatah, tampak sudah mendarah daging dalam segala bentuk perjuangan pemuda di mana pun ia berada untuk memimpin sebuah negeri. Kepribadian dan karakter yang baik tentunya menjadi syarat penting agar kepemimpinan tidak salah arah tujuan.

UIN Sunan Ampel Surabaya berinisiatif menyiapkan kader masa depan melalui investasi sumber daya manusia dalam bentuk program beasiswa Tahfidh Al-Qur’an.

Dahulu anggapan orang orang bahwa seorang penghafal Al-Qur’an hanya untuk ngaji saja, apalagi untuk dapat berkuliah atu mengenyam pendidikan akademik sekaligus sebagai penerima beasiswa, itu bakal menjadi hal yang mustahil untuk mendapatkannya. Akan tetapi, anggapan tersebut seolah mulai pudar setelah banyak dari Universitah di Indonesia maupun luar negeri mulai membuka peluang bagi para penghafal Al-Qur’an (tahfid-tahfid) melalui pemberian beasiswa. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang motibene kurang mampu namun dapat menghafal Al-Qur’an untuk melanjutkan bangku perkuliahan.

Pastinya akan timbul banyak pertanyaan, mengapa beasiswa Tahfidh Al-Qur’an?. Al-Qur’an adalah kalamullah yang agung lagi tinggi. Al=Qur’an adalah sebaik-baik bacaan yang akan mampu mengguncangkan hati. Al-Qur’an adalah kekasih yang akan mampu memberi syafaat di alam akhirat kelak.

Rasulullah SAW. Memberikan penghormatan kepada orang-orang yang mempunyai keahlian membaca dan menghafal Al-Qur’an memberi kabir tentang kemuliaan, kedudukan, dan keistimewaan daripada yang lain.

“dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran maka adakah orang-orang yang mengambil pelajaran.” (QS. Al-Qalam : 17)
Apa keuntungannya? Selain menerima kemuliaan dari Allah SWT, para hafidz- hafidzah juga juga mendapat martabat yang mulia di masyarakat. Sebagai Negara dengan penduduk muslim terbesar tidak heran jika UINSA Surabaya membuka beasiswa ini. Hal ini menunjukan kepedulian umat Islam dalam mempertahankan kemurnian kitab suci yang tinggi. Jika sudah tidak diragukan lagi bahwa penghafal Al-Qur’an termasuk  pembawa panji-panji islam.

Program beasiswa tahfidz diberikan kepada program studi yang tersebar pada fakultas dibawah ini.
(Note : Gunakan Tampilan Dekstop Jika kamu menggunakan Smartphone untuk melihat tabel)
FAKULTAS
PROGRAM STUDI
KUOTA
Dakwah dan Komunikasi
Pengembangan Masyarakat Islam
15
Manajemen Dakwah
15
Syariah dan Hukum
Hukum Pidana (Jinayah)
15
Perbandingan Mazhab Hukum
15
Ilmu Falak
15
Ushuluddin dan Filsafat
Akidah dan Filsafat Islam
15
Studi Agama-agama
15
Ilmu Hadis
15
Ilmu Qur’an dan Tafsir
15
Ilmu Tasawuf
15
Adab dan Humaniura
Sejarah Peradaban Islam
15
Ekonomi dan Bisnis Islam
Manajemen Zakat Waqaf
15
(Note : Gunakan Tampilan Dekstop Jika kamu menggunakan Smartphone untuk melihat tabel)

Syarat :
  1. Hafal Al-Qur’an minimal 5 Juz kecuali Prodi Al-Qur’an dan Tafsir minimal 10 Juz, atau mampu membaca kitab kuning (at-turats)
  2. Hafal Hadis minimal 50 Hadis
  3. Test ketrampilan tambahan (Kaligrafi, Qori)
Tempat Pendaftaran
Bagian akademik gedung twin tower A Lt. 4 Sunan Ampel Surabaya Jl. A. Yani 117 Surabaya
Kontak Person :
  1. Drs. H. Faqih, M.Si.
    No. Hp.     : 08121680057
    Email         : rijal0164@gmail.com
  2. Dr. Jainudin, M.Si.
    No. Hp.     : 0813326600222
    Email         : jainudin1962@gmail.com

BAB IV 
PENUTUP

A.    Simpulan

Sesuai dengan sejarah berdirinya UIN Sunan Ampel Surabaya yang berawal dari nama IAIN Sunan Ampel, bahwa UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan Universitas Islam untuk mengembangkan ilmu pendidikan baik ilmu umum maupun ilmu agama. UIN Sunan Ampel yang berdiri sejak tahun 1965 ini memiliki Visi dan Misi serta Motto sebagai penggerak tersendiri bagi Universitas ini.

B.     Saran

  1. Di zaman yang sudah modern ini sangat banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya di fakultas kedokteran. Maka penulis menyarankan akan lebih baik jika pihak pengelola UIN Sunan Ampel Surabaya segera membicarakan hal-hal mengenai didirikannya fakultas kedokteran di UIN Sunan Ampel Surabaya
  2. Menurut penulis, beasiswa yang diberikan harusnya lebih menyeluruh, tidak hanya pada prodi-prodi tertentu saja.

DAFTAR PUSTAKA

·         http://www.uinsby.ac.id/id/370/beasiswa.html
·         http://www.uinsby.ac.id
·         http://www.studinews.co.id
·         https://idm.wikipedia.org
·         https://beasiswa.id.net
·         https://biayakuliah.web.id
·         http://www.quipper.com

Sekian Laporan Karya Tulis yang saya buat pada kesempatan kali ini. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensin untuk pembelajaran para pembaca dalam membuat Laporan Karya Tulis. Sekian Terimakasih Sudah berkunjuung, Sampaijumpa di artikel selanjutnya

Post a Comment for "Karya Tulis : Beasiswa UINSA Surabaya"