Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Tari Kecak : Gerakan, Pola Lantai, Jumlah Penari dan Properti

Tari adalah gerak tubuh yang selaras dan berirama sehingga menghasilkan karya seni yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan yang berhubungan dengan mata pelajaran Seni Budaya. Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu, seperti tari, lukisan, ukiran. Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keperigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya.

Materi yang akan saya bahas adalah menenai Seni Tari. Seni tari ini sangat di kenal dan cukup populer baik itu di lokal maupun mancanegara, Nama Tari ini adalah Tari Kecak. Tau dong kamu dengan Tari yang satu ini. Tari Kecak adalah Seni Tari yang berasal dari Pulau Bali Indonesia. Penasaran dengan materinya? Yuk Simak penjelasanya berikut ini.

 
TARI KECAK
Tarian daerah ikonik dan sangat  dikenal baik oleh masyarakat luas, lokal maupun manca, adalah tari Kecak dari Pulau Bali. Bali memang dikenal sebagai surganya Dunia yang ada di Indonesia. Selain karena kekayaan alamnya, Bali kaya akan budaya dan nilai agamis nya. Tari kecak merupakan salah satu ragam budaya nya yang paling populer.

Rasanya belum menikmati Bali jika Anda melewatkan tari Kecak untuk ditonton. Awal mulanya tari Kecak merupakan tari Sang Hyang yang dilakukan pada saat upacara keagamaan. Namun saat ini tarai Kecak dapat Anda nikmati kapanpun karena ditampilkan hampir di berbagai kesempatan.

Gerakan
Tarian ini berawal dengan menggerak-gerakan badan ke kanan dan ke kiri mengikuti ritma yang diucapkan "cak - cak - cak - cak - cak". Irama dari "cak-cak-cak-cak-cak" mulanya lambat, lama-kelamaan menjadi cepat diikuti dengan gerakan tangan yang digetarkan. Tarian Kecak lambat laun berkembang menjadi drama tari dengan menyelipkan kisah Ramayana dalam tariannya.  

Teknik tarian dan pakaian tari yang digunakan sangat sederhana. Dengan hanya bertelanjang dada dan bercawat, para penari membuat lingkaran beberapa baris. Di tengah-lingkaran terdapat lampu minyak kelapa. Gerakan tubuh yang dilakukan penari adalah merebahkan diri ke belakang kadang bergantian, kadang serentak.

Pola Lantai
Tari Kecak dari Bali merupakan salah satu jenis tari ritual dengan menggunakan pola lantai garis melengkung membentuk lingkaran. Pola garis lengkung adalah pola lantai yang terbentuk dari 1 atau beberapa garis lengkung.
  • Lingkaran  : Lingkaran adalah pola lantai yang terbentuk dari beberapa garis lengkung.
  • Angka 8 : Angka 8 adalah pola lantai yang membentuk kesatuan lengkung berupa angka 8.
  • Garis lengkung ke Depan : Garis lengkung ke depan adalah  pola lantai garis lengkung yang mengarah ke depan.
  • Garis lengkung ke Belakang : Garis lengkung ke belakang adalah  pola lantai garis lengkung yang mengarah ke belakang.
 

 
Banyaknya Penari
Tarian Kecak Bali merupakan sebuah dramatari yang dimainkan sebanyak 50 orang, hingga 150 orang penari. Sesuai dengan namanya, para penari yang sebagian besar pria akan duduk bersila membentuk sebuah lingkaran. Pakaian yang digunakan berupa kain sarung dan kain kotak hitam putih yang melingkar di pinggang.

Properti
Tari kecak, merupakan salah satu Seni Tari Tradisional yang berasal dari Bali. Tarian ini merupakan tari yang disetiap gerakannya menggambarkan tentang cerita pewayangan Ramayanan. Untuk menunjang tarian ini, maka sudah pasti diperlukan properti penunjang.
Beberapa contoh properti Tari Kecak, antara lain :  
•    Selendang putih  
•    Bunga Kamboja  
•    Bara Api
•    Gelang Kaki
•    Topeng
•    Tempat Sesaji

Seni tari merupakan sebuah seni yang mempelajari tentang gerak tubuh berirama yang dilakukan pada saat tertentu. Biasanya kita sering menyaksikan pementasan seni tarian baik itu tradisional maupun modern. Bahkan, perkembangan teknologi pun dapat membuat kita belajar mengenai seni tari secara mendalam. Sekian pembahasan saya kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya
Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

Post a Comment for "Materi Tari Kecak : Gerakan, Pola Lantai, Jumlah Penari dan Properti "