Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laporan PKL : Kantor Kelurahan/Desa

Kantor Kelurahan adalah suatu kantor kerja yang dijabat oleh lurah. Kelurahan sendiri adalah Perangkat desa dibawah naungan Kecamatan yang ada di suatu wilayah. Lurah memiliki tugas untuk melakukan Pemberdayaan Masyarakat, Pelayanan Masyarakat, Memelihara Ketentraman dan Ketertiban Umum.

Pada kesempatan kali iniyang akan saya bahas adalah mengenai Kantor Kelurahan. Mengapa Kantor Kelurahan? Saya membuat artikel ini dikarenakan adaya pertanyaan dari adik kelas kita yang melakukan PKL di Kelurahan. Pertanyaannya adalah " Mas, Bisa Buatkan Laporan PKL tentang Kantor Kelurahan? Saya cari informasi dan struktur apa saja yang dibahas bingung. Bisa Tolong Buatkan?".
 
Dari Pertanyaan itu, saya pun langsung mencari tau dan menyusun Laporan PKL yang bisa saya buat untuk adik kelas kita ini. Setelah selang beberapa hari jadilah Laporan PKL ini seperti yang dibawah ini, saya Post Artikel ini agar bisa menjadi Referensi untuk adik adik semua yang melakukan PKL di Kelurahan tempat kalian nantinya. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat. Yuk Langsung saja ke pembahasannya.

Berikut ini adalah Contoh Laporan PKL di Kantor Kelurahan

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
KANTOR KELURAHAN
Logo


Disusun Oleh :
Materi Tugas Tugas

LEMBAR PENGESAHAN

Lapran Praktik Kerja Lapangan 
SMK ....................

Hari          : ................................  
Tanggal     : ................................   

 
................................   ,     Oktober 20.......

Pembimbing Prakerin                    Guru Bahasa Indonesia



   
(................................)                    (................................)


Mengetahui,
Kepala SMK ............                    Kepala Program Keahlian


 
(................................)                    (................................)


MOTTO

Pada bagaian ini kalian isi sendiri Motto apa yang menginspirasi kamu untuk belajar ataupun kata-kata yang kamu sukai bisa dari kata-kata pahlawan, Tokoh terkenal dan laian-lain. Cantumkan juga nama yang membuat kata kata tersebut seperti contoh :
  • Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. – (R. A Kartini)
  • Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia. - (Soekarno)
  • Hamba-hamba Allah penghuni surgawi, harus menggunakan bahasa yang halus dan sopan. – (Bung Hatta)
HALAMAN PERSEMBAHAN

Lapran Praktek Kerja Lapangan ini penulis persembahkan kepada :
1)    Ayah dan ibu yang tercinta
2)    Bapak ............................... selaku Kepala Sekolah SMK ...............................
3)    Bapak ............................... selaku pimpinan DU/DI
4)    Bapak ............................... selaku Guru Pembimbing Prakerin
5)    Bapak dan Ibu Guru  serta staff tata usaha SMK ...............................
6)    Adik-adiku khususnya kelas X SMK ...............................
7)    Kakak-kakakku khususnya kelas XII SMK ...............................
8)    Teman-temanku Kelas XI ...............................
9)    Serta pembaca yang budiman.

 
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji syukur penyususn panjatkan kehadiran Allah SWT. Atas Rahmat serta Hidayah-Nya sehingga dapat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan menyelesaikan penyusunan Laporan hasil PKL dapat berjalan sesuai dengan program yang telah direncanakan. Penyusunan Laporan ini di tekankan kearah “Kantor Kelurahan”.

Penyususn menyadari bahwa Laporan ini jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan Laporan ini sangat diharapkan. Akhirnya semoga Laporan ini dapat berguna bagi para pembaca dalam memperluas wawasan serta khasanah.

Pada kesempatan ini penyusun menyampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan PKL maupun membantu dalam penyusunan Laporan ini kepada :
1.    Bapak ........................... selaku Kepala Sekolah SMK ...........................
2.    Bapak ........................... selaku pimpinan DU/DI
3.    Bapak ........................... Selaku Pembimbing Prakerin
4.    Bapak dan Ibu Guru  serta staff tata usaha SMK ...........................
5.    Teman Teman yang selalu mendukung dan menyemangati saya.

Selain itu dengan adanya karya tulis ini semoga bias membantu adik-adik kelas SMK ISLAM Pemalang, dalam mendapatkan wawasan dan ilmu dalam bidang Otomotif serta sebagai pedoman dalam melaksanakan Praktek Industri

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Pemalang,


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN DARI SEKOLAH
HALAMAN MOTTO
HALAMAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
 
BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
B.      Tujuan Praktik Kerja Industri 
C.      Manfaat Praktik Kerja Industri
D.      Waktu dan Tempat Praktik Kerja Industri
 
BAB II PEMBAHASAN 
A.      Identitas Kelurahan
B.      Sejarah Berdirinya
C.      Visi dan Misi Berdirinya  
D.      Tugas dan Wewenang
E.      Struktur Organisasi
 
BAB III
KEGIATAN YANG DILAKUKAN SEMASA PRAKERIN
 
BAB IV PENUTUP
A.      Simpulan
B.      Saran
 
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Prakerin atau Praktik Kerja Industri dilaksanakan untuk melatih dan memberikan pengajaran kepada siswa dalam Dunia Industri atau Dunia Usaha yang relevan terkait kompetensi keahlian masing masing. Selain itu prakerin juga bertujuan untuk memberikan bekal ilmu dalam dunia kerja agar dimasa mendatang para siswa dapat bersaing dalam dunia industri yang semakin ketat seperti saat ini, untuk mempersiapkan siswa agar memiliki kemampuan teknis dengan wawasan yang luas dan fleksibel di era kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, meningkatkan mutu dalam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta mengasah dan mengimplementasikan materi yang diperoleh siswa dari sekolah masing masing terkait jurusannya.

Kegiatan prakerin merupakan salah satu bentuk kegiatan dari sekian banyak visi dan misi SMK ............................. dalam mempersiapkan siswa dan siswinya untuk memasuki dunia industri dan dunia usaha (DI/DU) nantinya. Dunia industri dan dunia usaha tersebut tentunya tidak dapat diperoleh dengan mudah, maka dari itu para siswa tidak hanya dibekali dengan teori belajar saja tetapi juga pemahaman tentang lingkungan yang akan mereka hadapi setelah lulus sekolah. Kegiatan prakerin dilaksanakan sesuai dengan kemampuan atau kejuruan yang terdapat pada masing masing siswa.
 
B.      Tujuan Praktik Kerja Industri 
Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah untuk mengenalkan siswa-siswa pada dunia kerja nyata sekaligus mempraktekan ilmu Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) didapat pada kelas XI serta untuk melatih mental dan sikap bagi setiap siswa dalam mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja yang akan datang. 

C.      Manfaat Praktik Kerja Industri
Manfaat Praktik Kerja Lapangan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi beberapa pihak yang berkepentingan. Secara teoritis, diharapkan bisa bermanfaat bagi pemerhati, praktisi lebih khusus bagi pelaku, dalam hal bahwa Praktik Kerja Lapangan ini menghasilkan wawasan baru dalam pemanfaatan Bisnis dan Managemen.
Secara praktisi, Praktik Kerja Lapangan ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan pekerjaan khususnya untuk instansi yang mendapatkan pembagian tugas siswa PKL.
1)    Bagi Siswa Prakerin
  • Siswa dapat mempraktekkan secara langsung cara bekerja di dalam dunia kerja atau usaha.
  • Memperoleh pengalaman bekerja sebelum siswa benar-benar berada di dalam dunia kerja yang sebenarnya.
  • Mendapat pengetahuan atau hal-hal baru pada saat pelaksanaan Prakerin.
  • Bagi jurusan siswa sendiri, sekarang siswa lebih mengetahui tentang kerjanya seorang akuntan di dunia kerja atau usaha.
  • Siswa memperoleh bekal sebelum memasuki dunia nyata.
  • Memperoleh pengalaman yang selama ini belum didapatkan.
2)    Bagi Pihak Instansi
  • Dapat membantu atau meringankan beban didalam pekerjaannya.
  • Memberi kepuasan bagi dunia usaha dan industri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui pendidikan sistem ganda.
  • Perusahaan dapat mengenal persis kualitas peserta didik yang belajar dan bekerja di perusahaannya.
  • Perusahaan atau instansi lebih mengerti kualitas didik sekarang.
 
D.      Waktu dan Tempat Praktik Kerja Industri
Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan selama 2 bulan terhitung sejak .................... sampai dengan bulan .......................  dengan masuk 5 (lima) hari kerja mulai hari Senin sampai dengan Jum’at mengingat setiap hari Senin-Kamis di mulai dari  pukul 07.30-14.00, Jum’at  Pukul 07.30-11.00. 

BAB II
PEMBAHASAN 
 
A.      Identitas Kelurahan 
Pada bagian ini kamu isi dengan identitas tempat kamu melakukan PKL di Kelurahan setempat. Untuk pembahasannya mencakup materi tentang Alamat lengkap kelurahan tersebut, suasana kerja yang ada di Kelurahan tersbut dan lain sebagainya yang berisikan informasi tentang tempat kamu melaksanakan PKL
 
B.      Sejarah Berdirinya
Untuk Sejarah sebisa mungkin akmu aktifberbicara dengan pegawai/karyawan yang bekerja di Kantor kelurahan tersebut. Lakukanlah percakapan sosialisasi dengan para karyawan untuk menjalin keakrapan kemudian kamu tanyakan informasi sejarah tentang kantor kelurahan tersebut.
 
Masukan juga batas wilayah mana saja yang mencangkup wilayah kantor kelurahan tersebut. usahakan kamu aktif bertanya karena semakin banyak bertanya kamu akan memperoleh informasi yang kamu butuhkan untuk melakukan pengumpulan informasi dalam membuat laporan PKL ini.
 
C.      Visi dan Misi Berdirinya 
Pada bagian Visi misi juga tanyakan dengan karyawan yang sedang bekerja di kantor tersbut. Jangan malu untuk bertanya. Untuk visi dan misi  biasanya sudah terpambang juga di depan kantor kelurahan tersebut atapun baner yang ada di dalam kantor kelurahan untuk memperjelas Visi dan Misi Berdirinya Kantor Kelurahan tersebut.
 
D.      Tugas dan Wewenang
Kantor Kelurahan sebagain besar memiliki tugas dan wewenang yang sama di setiap wilayah. Hanya saja mungkin ada penambahan Tugas atau wewenang khusus karena keadaan yang mengharuskannya. Untuk Tugas dan Wewenang Kantor Kelurahan yaitu sebagai berikut.
 
Kepala  Desa  mempunyai  tugas  menyelenggarakan  urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Desa mempunyai wewenang :
  1. Memimpin  penyelenggaraan  pemerintahan  desa  berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama BPD,
  2. Mengajukan rancangan peraturan desa,
  3. Menetapkan  peraturan  desa  yang  telah  mendapat persetujuan bersama BPD,
  4. Menyusun  dan  mengajukan  rancangan  peraturan  desa mengenai APBD Desa untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD,
  5. Membina kehidupan masyarakat desa,
  6. Membina perekonomian desa,
  7. Mengkoordinasikan pembangunan desa secara partisipatif,
  8. Mewakili  desanya  di  dalam  dan  di  luar  pengadilan  dan dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,
  9. Melaksanakan  wewenang  lain  sesuai  dengan  peraturan perundang- undangan.
E.      Struktur Organisasi
Untuk Struktur organisasi kamu bisa mencarinya di dalam Kantor Kelurahan tempat kamu melaksanakan PKL di dalam kantor biasanya sudah ada Banner yang menunjukan Struktur Organisasi dari Kelurahan tersebut agar masyarakat mengetahui dengan jelas siapa yang bertugas melaksanakan bagian pelayanan dan lain sebagainya.
 
Namun ada juga Kantor Kelurahan yang tidak memajang Banner Struktur Organisasi Kantor kelurahan di karenakan suatu hal. Jika Demikian cobalah bertanya dengan karyawan yang ada disana untuk mencari informasi mengenai struktur Organisasi Kelurahan tersebut.
 
BAB III
KEGIATAN YANG DILAKUKAN SEMASA PRAKERIN
 
Pada bagian ini Kamu ceritakan semua apa saja yang kamu lakukan dalam bentuk tulisan. Informasi yang kamu tulis disini adalah sebagai bukti kamu melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang sebenarnya dari awal kamu mulai melakukan PKL hingga Berakhirnya PKL
 
Sebagai Informasi Masukan saja tentang kegiatan harian kamu di Kantor Kelurahan tersebut dan jelaskan rinciannya misal Kamu dalam melakukan kegiatan PKL di Kelurahan di minggu-minggu pertama melakukan perkenalan lingkungan dan karyawan.  Nah pada bagaian ini kamu ceritakan saja tentang lingkungan sebutar wilayah kantor Kelurahan tersebut dan bagaimana para karyawannya menyambut kamu.

Kamu buat saja rincian seperti itu setiap minggunya hingga berakhirnya kegiatan semasa kamu PKL di kelurahan tersebut.
 
BAB III PENUTUP
 
A.      Simpulan
Dari semua yang telah di uraikan di atas, maka dapat di simpulkan bahwa  dalam kepuasan dalam bekerja menuntut kepada pekerja untuk memilih suatu pekerjaan. Kadang kenyataan tak semanis angan, akan tetapi, keikhlasan dan tanggung jawab yang besar dalam menyelesaikan pekerjaan akan menumbuhkan semangat dalam bekerja membangkitkan semua bakat yang terpendam di dalam diri kita, walaupun pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan yang di harapkan, akan tetapi kita harus tetap Optimis  bahwa  kita bisa  melakukan. 

Pada dasarnya  Praktik kerja Lapangan/Industri (PKL/PRAKERIN) mengacu pada pelaksanaan PRAKERIN Tahun 2018, oleh karna itu kritik dan saran yang bersifat   membangun   untuk    memperbaiki   Pelaksanaan   PRAKERIN pada masa yang akan datang sangatlah di harapkan. Kemudian kepada semua pihak yang telah terlibat dan menyumbang tenaga dan pikiranya sehingga terselesaikanya laporan tugas akhir Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat mengucapkan terimakasih.
 
B.      Saran
Untuk tempat Prakerin  :
  • Lebih   bersikap  bijaksana
  • Meningkatkan kedisiplinan agar mengikuti apel pagi.
  • Untuk memperlancar kegiatan di kantor sebaiknya pegawai berangkat sesuai dengan jam nya dan pulang sesuai jam pulang kantor.
  • Untuk karyawan kantor hendaknya Lebih bersikap bijaksana dan mendidik kepada siswa-siswa yang PRAKERIN.
Untuk Sekolah  :
  • Agar lebih di persiapkan segala sesuatunya dengan baik, agar siswa lebih siap untuk menjalani PRAKERIN

Sekian pembahasan yang bisa saya sampaikan. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk para pembaca semua. Terimakasih Sudah berkunjung ke Blog saya, samppaijumpa di artikel selanjutnya.
Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

1 comment for "Laporan PKL : Kantor Kelurahan/Desa "

  1. Bosen dengan permainan anda ???
    Yang tidak ada bonus,proses lama serta tidak aman

    Tingalkan semua itu dan mari join bersama kami di ZEUSBOLA

    promo zeusbola tidak akan mengecewakan anda!

    bonus yang bisa membuat anda untung banyak dan hadiah iphone !

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    ReplyDelete