Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keberagaman Agama di Indonesia

Agama adalah kepercayaan dan tempat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agama bisa disebut sebagai pedoman hidup manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Agama Mengajarkan nilai-nilai kebaikan dalam hidup dan mengajarkan bagaimana cara agar dapat berhubungan dengan Tuhan yang mereka percayai.

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, bahkan agama. Masyarakat Indonesia menganut banyak sekali kepercayaan Agama dalam zaman dulu hingga zaman sekarang bahkan masih ada yang melakukan ritual kepercayaan zaman dulu di masa sekarang.

Mayoritas masyarakat di Indonesia sebagian besar bergama Muslim/Islam, tetapi banyak juga masyarakat Indonesia yang beragama Hindu, Katolik, Budha, Kristen dan lain-lain. Nah Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas Kebergaman Agama yang ada di Indonesia.

Saya tidak membahas semua agama yang ada di Indonesia cukub beragam. Yang saya bahas disina adalah agama yang sudah umum dan tesebar luas di Indonesia dan dikenal banyak orang. Agama tersebut adalah Islam, Hindu, Katolik, Budha, Kristen, dan Kong Hu Cu.

Berikut ini adalah penjelasan Agama secara singkat

1. Agama Islam
Agama Islam
Agama Islam merupakan agama di Indonesia yang paling banyak penganutnya. Sebagian besar masyarakat di Indonesia pada berbagai wilayah yang tersebar merupakan umat muslim. Islam mulai menyebar dan masuk ke Indonesia adalah pada abad ke-13. Agama islam dapat tersebar di seluruh wilayah Indonesia tentunya atas peran dari beberapa tokoh pengembang agama Islam di Indonesia.

Tokoh-tokoh penyebar agama islam di Indonesia dikenal dengan sebutan Wali Songo, yaitu Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Djati. Untuk tempat ibadahnya, agama islam memiliki tempat ibadah yang disebut Mesjid.

Informasi Umum Agama Islam
Kitab Suci : AL-Qur'an
Tempat Ibadah : Masjid
Nama Pembawa Ajaran : Nabi Muhammad SAW
Hari Raya : Idhul Fitri, Idhul Adha, Tahun Baru Hijriyah, dan Isra' Mi'raj

2. Agama Hindu
Agama Hindu
Agama di Indonesia lainnya yang sudah diakui keberadaannya sejak lama adalah agama Hindu. Agama Hindu adalah agama yang menyembah serta memuja dan mempercai Para Dewa. Dewa yang paling utama disebut dengan Trimurti, trimurti sendiri merupakan kesatuan dari Tiga Dewa. Tiga Dewa Hindu ini memiliki tugasnya masing-masing. Dewa Brahma bertugas sebagai pencipta, Dewa Wisnu dengan tugasnya sebagai pemelihara, dan Dewa Siwa yang bertugas sebagai pelebur.

Asal usul agama hindu dimulai dari masuknya bangsa arya ke india sejak tahun 1500 SM. Dari masuknya agama arya ke Indonesia membawa perubahan besar dalam tata kehidupan masyarakat di india.perubahan terjadi karena bangsa arya mengadakan integrasi kebudayaan dengan bangsa Dravida sehingga dari situ lahirlah Agama Hindu.

Informasi Umum Agama Hindu
Kitab Suci : Kitab Weda
Tempat Ibadah : Pura
Nama Pembawa Ajaran : -
Hari Raya : Hari Raya Nyepi, Hari Raya Pagerwesi, dan Hari raya Sagerwesi
 
3. Agama Kristen
Agama Kristen
Agama Kristen Protestan juga termasuk ke dalam agama yang diakui di Indonesia dan memiliki jumlah penganut yang cukup banyak. Umat Kristen percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah dan Juru Selamat umat manusia yang datang sebagai Mesias (Kristus) sebagaimana dinubuatkan dalam Alkitab Perjanjian Lama. Teologi Kristen terangkum dalam syahadat-syahadat seperti Syahadat Para Rasul dan Syahadat Nikea.

Kebanyakan berdoa kepada Tuhan Bapa saja dan Sebagian berdoa kepada Yesus Kristus. Saya berdoa kepada Allah Bapa, dalam nama Yesus Kristus, melalui kekuatan Roh Kudus. Dalam Kekristenan, Allah disebut "Bapa" dalam pengertian yang tidak pernah dikenal sebelumnya, selain sebagai Pencipta dan Pemelihara ciptaan, dan Pelindung bagi anak-anak-Nya, umat-Nya. Bapa dikatakan mempunyai hubungan yang kekal dengan Anak Tunggal-Nya, Yesus.

Informasi Umum Agama Kristen
Kitab Suci : Alkitab
Tempat Ibadah : Gereja
Nama Pembawa Ajaran : Yesus Kristus
Hari Raya : Hari Jumat Agung, Hari Natal, Hari peringatan Yesus Kristus atau Isa Almasih, dan Hari paskah.

4. Agama Katolik
Agama Katolik
Agama Katolik juga termasuk ke dalam 6 agama di Indonesia yang diakui keberadaannya. Agama Katolik menggunakan kitab suci Alkitab dan memiliki tempat ibadah yang sama dengan Kristen protestan yaitu Gereja. Katolik adalah suatu agama wahyu. Itu sama halnya dengan dua agama wahyu lainnya, yaitu Yahudi dan Islam. Katolik berdoa kepada Tuhan Bapa, Yesus Kristus, Bunda Maria, dan banyak orang suci dan memil pandangan umum atau universal.

Ada perbedaan antara Katolik dan Kristen, Untuk orang yang beriman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan disebut orang Kristen atau Kristiani sedangkan Katolik berarti umum atau universal. Paus Fransiskus sebagai pemimpin  umat Katolik dia memercayai Tuhan dan Yesus Kristus sebagai inkarnasi Tuhan. "Yesus adalah guru dan pemimpin saya. Tetapi Tuhan, Bapa, adalah cahaya dan Sang Pencipta.

Informasi Umum Agama Katolik
Kitab Suci : Alkitab
Tempat Ibadah : Gereja
Nama Pembawa Ajaran : Yesus Kristus
Hari Raya : Hari Jumat Agung, Hari Natal, Hari peringatan Yesus Kristus atau Isa Almasih, dan Hari paskah.

5. Agama Budha
Agama Budha
Ragam agama di Indonesia berikutnya adalah Agama Budha. Agama ini termasuk ke dalam salah satu agama yang diakui di Indonesia dan juga cukup banyak pengikutnya. Agama Buddha atau Buddhisme adalah agama terbesar keempat di dunia dengan lebih dari dari 520 jut. 
 
Tuhan dalam agama Buddha bukanlah Siddharta Gautama. Buddhisme juga menolak adanya sosok mahakuasa sebagai pencipta dan menyatakan bahwa alam semesta diatur oleh lima hukum kosmis (Niyama Dhamma), yakni Utu Niyama, Bija Niyama, Kamma Niyama, Citta Niyama, dan Dhamma Niyama. Hal ini dipandang oleh banyak orang sebagai perbedaan utama antara Buddhisme dan agama-agama lain 

Informasi Umum Agama Budha
Kitab Suci :Tripitaka
Tempat Ibadah : Vihara
Nama Pembawa Ajaran : Siddharta Gautama
Hari Raya : Hari Raya Waisak, Hari Kathina, dan Hari Asadha.
 
6. Agama Kong Hu Cu
Agama Kong Hu Cu
Agama Khonghucu adalah istilah yang muncul sebagai akibat dari keadaan politik di Indonesia. Agama Khonghucu lazim dikaburkan makna dan hakikatnya dengan Konfusianisme sebagai filsafat. Seperti halnya Buddha, banyak yang mengatakan bahwa Konghucu sendiri bukanlah agama, tetapi jalan hidup. 
 
Dalam ajaran Agama Konghucu tidak ada keharusan menyembah Tuhan, hanya punya tokoh utama yaitu Konfusius dan Mencius. Bahkan dalam Buddha pun, Siddhartha mengatakan bahwa kita tidak perlu berdoa untuk mendatangkan bantuan dari Dewa-Dewi, Sidhartha adalah orang yang sangat sederhana, simpel. Bahkan Sidhartha sendiri tidak pernah mengajarkan untuk menyembah patung
 
Informasi Umum Agama
Kitab Suci : Si Shu Wu Ching
Tempat Ibadah : Li Tang atau Klenteng
Nama Pembawa Ajaran : Kong Hu Cu
Hari Raya :Cap Go Meh, dan Tahun Baru Imlek
 
Agama adalah sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan Kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatana kehidupan.Semoga dapat bermanfaat.
Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

Post a Comment for "Keberagaman Agama di Indonesia"