Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi : Mengenal Warna dan Maknanya

Warna adalah perubahan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya. Cahaya dapat berubah warna ketika cahaya tersebut mengenai suatu benda dan caaya tersebut direflesikan atau ditransmisikan secara langsung oleh benda yang terkena cahaya dan cahaya yang direflesikan atau ditransmisikan tersebut yang akan dilihat oleh mata pengamat.

Nah pasti banyak yang belum paham kan dengan materi ini? Warna itu apa? Kegunaan warna untuk apa? apakah warna memiliki makana? apa saja jenis jenis warna? Pasti ada di benak para pembaca yang bertanya tanya mengenai salah satu pertanyaan di atas. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Warna. Yuk simak penjelasannya.


Pengertian Warna
Warna adalah sebuah sensasi yang dihasilkan ketika suatu energy cahaya mengenai suatu benda, dimana cahaya tersebut direflesikan atau ditransmisikan secara langsung oleh benda yang terkena cahaya dan cahaya yang direflesikan atau ditransmisikan tersebut yang akan dilihat oleh mata pengamat.

Warna menurut Wikipedia adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu.

Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.

Fungsi Warna
Warna memiliki Fungsi yang beranekaragam seperti Identitas, Isyarat, Psikologia, dan lain lain. Dalah hal Desain Grafis Warna memiliki 5 Fungsi pokok tergantung penggunaan dari warna tersebut. Berikut ini adalah fungsi warna pada Desain Grais

1.    Fungsi estetika 
Warna memiliki kekuatan untuk membangkitkan rasa keindahan. Jadi warna memiliki fungsi untuk memperindah suatu bentu/gambar agar dapat dinikmati keindaan yang dimiliki dari gambar tersebut. Fungsi ini kebanyakan di gunakan pada suatu gambar luksan atau Photograpy. Dalam hal Desain Grafis ini digunakan untuk membuat sebuah gambar yang dapat menarik penggunanya agar melihat lebih lama gambar tersebut.

2.    Fungsi isyarat
Warna dapat memberikan tanda-tanda atas sifat dan atau kondisi tertentu. Maksudnya adalah warna dapat digunakan sebagai isyarat atau media komunikasi untuk mengisyaratkan kepada yang melihat warna tersebut agar lebih memahami perintah yang diberikan. sebagai contoh adalah adanya lampu lalulintas di jalan raya, lampu lalulintas memiliki 3 warna dan memiliki berintah yang berbeda beda yaitu Merah = Berhenti, Kuning = Hati-hati, dan Hijau = Jalan.

3.    Fungsi psikologis
Warna dapat memberikan kesan perasaan tertentu. Psikologis manusia selalu berkaitan dengan segala sesuatu di sekitarnya, termasuk dengan warna. Menurut penelitian, warna ternyata bisa dikaitkan dengan kejiwaan manusia. Orang yang memiliki karakter introvert cenderung lebih senang dengan warna-warna yang cerah. Oleh karena itu, warna bisa menggambarkan karakter seseorang dengan cepat dan tepat.

4.    Fungsi alamiah
Warna adalah property benda tertentu dan merupakan penggambaran sifat objek secara nyata. Penggambaran sifat obyek secara nyata sering kali menggunakan warna. Warna pada berbagai benda yang sering Anda lihat sehari-hari, tanpa disadari telah menjangkar di dalam otak. Dengan begitu saat melihat sebuah warna, otak Anda akan memproses benda apa yang memiliki warna sama persis. Ya, warna bahkan bisa menciptakan sifat obyek secara nyata. Sebagai contoh Warna Merah artinya Api, Hijau artinya Tumbuhan, Coklat artinya tanah dan lain sebagainya.

5.    Fungsi identitas/pengenal
Waran memiliki fungsi untuk mempermudah orang untuk mengenali identitas suatu kelompok, organisasi atau perusahaan Warna juga memiliki peran penting untuk memudahkan pembaca agar mengenali identitas, Inilah mengapa warna sangat penting karena kita bisa melihat suatu organisasi hanya dari warnanya. Selain itu, warna juga bisa menjadi karakter bagi beberapa produk bisnis.

Macam-macam Warna
Teori dari newton tentang warna dikenal dengan sebutan lingkaran warna, disamping warna-warna murni/pokok, dikenal juga warna kutub yaitu putih dan hitam. Pecampuran satu warna murni dengan warna hitam/putih akan menghasilkan skala warna lainyang disebut warna pastel, marna murni dicampur warna putih akan menjadi warna muda (tint), warna murni yang dicampurkan warna hitam akan menjadi warna tua (shade), sementara warna murni dicampur warna abu-abu akan menghasilkan warna abu-abu.

Warna dapat di bedakan menjadi 3 Kategoti yaitu Primer/Pokok, Sekunder, dan Tersier. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ke 3 kategori tersebut beserta dengan contoh warnanya :
 
1. Warna Primer/Pokok
Warna Primer/Pokok adalah Warna dasar dari semua warna yang ada sebelum menjadi warna baru yang lain. Dikatakan warna dasar karena Warna ini belum terdapat campuran dari warna lain dan masih murni warna itu sendiri. Dalam hal ini Warna Primer/Pokok hanya terdapar 3 warna yaitu :
  • Merah,
  • Kuning,
  • Biru. 
2. Warna Sekunder
Warna Sekunder adalah  Warna yang dihasilkan dari turunan warna Primer/Pokok. Dikatakan Warna turunan dikarenakan Warna Sekunder adalah hasil warna baru yang diperoleh dari pencampuran warna antara warna Primer/Pokok dengan warna Primer/Pokok itu sendiri. Sebagai contoh Warna Sekunder adalah :
  • Warna Orange/Jingga merupakan hasil dari pencampuran warna Merah dan Kuning
  • Warna Ungu merupakan hasil dari pencampuran warna Merah dan Biru
  • Waena Hijau merupakan hasil dari pencampuran warna Kuning dan Biru
3. Warna Tersier
Untuk warna Tersier, ini adalah warna baru yang dapat dihasilkan dari pencampuran warnaPrimer/Pokok dengan warna Sekunder. Warna jenis ini memiliki banyak sekali varian warna yang dapat dihasilkan tergantung komposisi warna yang digunakan dalam pencampuran warna. Sebagai contoh Warna Tersier adalah :
  • Warna Merah ke Unguan adalah hasil dari pencampuran Merah dan Orange/Jingga.
  • Warna Kuning ke Hijauan adalah hasil dari pencampuran Kuning dengan Hijau
  • Warna Biru ke Unguan adalah hasil dari pencampuran Biru dan Ungu
Makna dari setiap Warna secara Umum
  • Merah
    Warna Merah memiliki makana : Keberanian, kekuatan, kehangatan, peringatan, energy, semangat, dan bahaya
  • Kuning
    Warna Kuning memiliki makna : Ceria, bahagia, optimis, hangat dan bersahabat
  • Orange/Jingga
    Warna Jingga/Orange memiliki makna : Kehangatan, keseimbangan, kenyamanan, dan keceriaan 
  • Biru
    Warna Biru memiliki makna : Bermakna professional, pemikiran yang serius, integritas, ketulusan, otoritas, kecerdasan, dan kesuksesan 
  • Ungu
    Warna Ungu memiliki makna : Bermakna kemewahan dan royalty, kebijaksanaan, keakraban, rasa aman, dan martabat 
  • Hitam
    Warna Hitam memiliki makna : Bermakna ganda yang saling bertolak belakang, disatu sisi bermakna kekuatan, kemewahan, keanggunan, dan kecanggihan, tapi disisi lain bermakna kejahatan, kematian, ketakutan dan misteri 
  • Putih
    Warna Putih memiliki makna : Kemurnian, kebersihan, kesederhanaan, kenaifan, dan kematian pada praktiknya. Logo berwarna putih akan selalu membutuhkan bidang berwarna agar terlihat pada background putih. 
  • Abu-abu
    Warna Abu-abu memiliki makna : Warna netral dengan kesan yang elegan, eksklusif, futuristic, keseriusan, kestabilan, kemandirian dan tanggung jawab 
  • Coklat
    Warna Coklat memiliki makna : Hangat, tanah, kesunyian, dan kepercayaan
Nah Itulah pembahasan yang dapat saya berikan seputar Warna, Warna memang beranekaragam dan memiliki fungsi dan kegunaan masing wasing dalah kehidupan kita. Semoga materi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca semuanya. terimakasih sudah berkunjung.
Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

Post a Comment for "Materi : Mengenal Warna dan Maknanya"