Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Software / Perangkat Lunak

Software atau bisa disebut Perangkat Lunak adalah Sebuah Program data yang disimpan secara digital di dalam komputer. Software memiliki perkembangan yang sangat pesat untuk menunjang aktifitas dalam kehidupan.
 
Pada abad sekarang ini seluruh kebutuhan manusia hampir bisa dipenuhi oleh komputer. Bahkan pekerjaan yang dahulu sangat memakan waktu saja. Sekarang sudah bisa dihandle oleh komputer. Tapi seiring dengan berkembangnya hal positif dari komputer maka akan muncul juga sisi negatifnya. Keuntungan ini kemudian semakin dikembangkan serta diaplikasikan kepada berbagai sektor.

Nah Pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah Software / Perangkat Lunak. Kenapa saya membahas ini? Saya membuat artikel ini sebagai pembelajaran baru untuk adik adik kita yang baru mengenal Komputer dan baru mempelajarinya. Berikut ini adalah pembahasan mengenai apa itu Software? Fungsinya apa? dan contohnya.

Untuk Adik adik kelas kita yang baru saja masuk sekolah jurusan komputer, kalaian akan mengenal yang namanya Software sebagai pembelajaran kalian nantinya, Nah Oleh karena itu yuk sama sama kita belajar materi tentang Software / Perangkat Lunak ini agar kalian jadi paham dan mengetahui kegunaan dan contohnya.

Software

Pengertian

Software / Perangakt Lunak adalah adalah istilah khusus untuk program data pada komputer yang disimpan secara digital, Program-program ini tidak memiliki bentuk fisik atau nyata dan tidak dapat dilihat. Software bisa disebut juga sebagai jembatan dalam bentuk digital untuk menghubungkan pengguna dengan hardware agar dapat menjalankan suatu perintah tertentu.

Menurut beberapa ahli menyebutkan bahwa Software adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi agar bekerja seperti yang diharapkan oleh user-nya (Roger S. Pressman, 2002).

Fungsi

Software / Perangkat Lunak berfungsi untuk menjalankan perintah agara komputer mau bekerja sesuai yang diinginkan oleh penggunanya. Ada istilah lain yang menyebutkan bahwa Software bisa disebut juga sebagai nyawa komputer, jadi apabila nyawa ini tidak ada pada komputer maka komputer tidak akan beroprasi sesuai keinginan penggunanya.

Macam-macam

Sesuai dengan Fungsi dari sebuah Software diatas bahwa Software bekerja sebagai perantara untuk menjalankan suatu perintah agar komputer dapat berjalan, Software ternyata terbagi dalam beberapa jenis dalam pengoprasiannya. Berikut ini adalah jenis jenis Software :

  1. Operating System,
    Software ini berfungsi untuk mengolah dan mengkoordinasikan semua komponen yang ada pada komputer agar dapat berjalan sesuai dengan dungsinya. Tanpa sistem operasi ini, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
  2. Programming Language,
    Programming Language atau dalam bahasa Indonesia Bahasa Pemprograman adalah perangkat lunak yang beropras sebagai istruktur standar yang menjalankan program berupa suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
  3. Application Program
    Software satu ini bekerja sebagai alat komunikasi antara pengguna dengan Server program aplikasi. Software yang satu ini bemiliki berbagai kegunaan dalam menyampaikan informasi kepada pengguna komputer. Contoh dari Program ini adalah Software Akuntansi yang dapat melakukan berbagai perhitungan, Software pengolah kata yang dapat mengolah kata-kata yang dapat dimengerti oleh pengguna umum dan sebagainya.

Contoh

Agar lebih jelas saya berikan beberapa contoh dari tiap jenis Software  yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda. Sebenarnya banyak sekali contohnya tetapi ita buat agar lebih simpel saja saya berikan contoh umum dan yang sudah banyak dikenal oleh orang-orang.
  1. Operating System, Seperti penjelasan tadi diatas fungsi dari Software ini memiliki tugas mengontrol dan mengatur perangkat keras sekaligus operasi dasar sistem lainnya termasuk untuk menjalankan program aplikasi Contohnya Windows, Linux, UNIX, DOS.
  2. Programming Language, berfungsi untuk memerintahkan perangkat lunak pada komputer atau bisa dikatakan juga merupakan program yang berfungsi untuk membuat suatu program komputer menggunakan aturan logika komputer. Contohnya PHP, Java, Microsoft Visual Basic.
  3. Application Program, adalah aplikasi sebagai media komunikasi antara Pengguna dengan Selver Software agar lebih dimengerti menggunakan bahasa yang umum digunakan. banyak sekali Application Program yang beredar dan memiliki fungsi dan gegunaanya sendiri-sendiri. Ini adalah beberapa contoh dari kategori Application Program : Microsoft Office, Adobe, Game, PhotoScape, Google Chrome.
Demikian pembahasan saya mengenai Software / Perangkat Lunak yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dengan materi yang saya buat ini dapat bermanfaat untuk para pembaca semua. Sampaijumpa di artikel selanjutnya.

Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

Post a Comment for "Materi Software / Perangkat Lunak"