Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Virus di HP Android

Keamanan dunia maya merupakan salah satu tantangan terbesar di zaman modern yang serba digital ini. Bahkan setiap harinya ada saja orang yang kehilangan uang banyak dan data yang diretas. Lalu bagaimana mereka bisa meretas dan mendapatkan akses ke smartphone seseorang? Walaupun terdapat beberapa cara untuk meretas smartphone, peretas umumnya bisa mendapatkan akses melalui aplikasi jahat. Setelah para pengguna mengunduh aplikasi jahat di Smartphone mereka, para peretas akan mendapatkan akses untuk meretas smartphone. Sehingga jika kita menerka HP Android telah terserang virus dan ingin menghapusnya, maka simak cara-cara dibawah ini supaya Anda bisa mempelajari cara menghapus virus dari smartphone Android.

Virus di HP

Jenis-jenis virus dan malware pada Android

Terdapat beberapa jenis virus dan Malware yang mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Contohnya saja seperti Trojan yaitu salah satu virus yang terkenal sangat jahat dengan diam-diam masuk ke dalam smartphone anda dan bisa menyebabkan kerusakan.

Selain itu ada spyware yang bisa memantau aktivitas pemilik smartphone dan mengirimkan beberapa informasi tersebut ke peretas. Kemudian ada ransomware yang bisa mengenkripsi semua data pemilik yang ada pada smartphone dan kemudian peretas akan meminta tebusan untuk membuka kunci data Anda. Semua virus yang tersedia umumnya memiliki tujuan yang pasti merugikan pemilik smartphone.

Cara cara mengecek HP Android apakah terkena virus atau tidak

Virus yang ingin merusak smartphone anda akan masuk dengan berbagai cara, tak sedikit kasus yang bahkan pemiliknya tidak menyadari sama sekali bahwa terdapat masalah dengan smartphone mereka. Jadi apabila anda merasa HP Android Anda terkena virus, Anda harus mencari tahu ciri-ciri yang bisa menandakan apakah terdapat salah satu virus yang masuk smartphone, yaitu:

  • Apabila anda mempunyai HP baru, tetapi HP tersebut lambat dan tidak responsif, maka bisa saja ciri tersebut menandakan bahwa HP telah terserang virus.
  • Apabila aplikasi yang telah terinstal membutuhkan waktu yang lama untuk dibuka, itu berarti terdapat beberapa masalah dengan perangkat anda.
  • Apabila anda sering melihat iklan terlalu banyak di layar HP secara tiba-tiba, itu juga merupakan tanda utama bahwa HP anda telah terserang virus atau malware.
  • Apabila anda biasanya tidak menggunakan banyak kuota, namun tiba-tiba saja melihat peningkatan penggunaan data kuota, itu juga bisa menjadi ciri bahwa ada yang tidak beres pada HP anda.
  • Apabila anda belum menginstal aplikasi terbaru, namun tiba-tiba saja melihat terdapat beberapa aplikasi yang telah terinstal, kemungkinan besar itu adalah virus.

Cara membersihkan virus di HP Android

Apabila anda sudah memastikan dan menemukan bahwa memang terdapat pada virus pada HP, maka anda bisa menggunakan beberapa metode berikut ini untuk membersihkan virus dari HP Android.

1. Cara menghapus virus yang ada pada HP Android dengan aplikasi antivirus

Apabila anda mau membersihkan virus dan mencari solusi yang sederhana, Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi antivirus. Anda bisa menemukan aplikasi anti-virus yang bagus di Google Play Store. Setelah anda menemukan aplikasi anti-virus yang tepat, segera install dan jalankan pemindaian atau scan pada aplikasi untuk mendeteksi dan membersihkan virus.

Apabila terjadi beberapa masalah dengan HP Android Anda, aplikasi anti-virus bisa mendeteksinya dan kemudian membantu untuk memperbaikinya. Setelah itu, anda disarankan agar tetap menggunakan aplikasi anti-virus tersebut untuk memastikan bahwa virus tidak akan kembali pada HP Android.

2. Cara menghapus virus di HP Android secara manual

Apabila Anda belum yakin dengan menggunakan aplikasi anti-virus sudah melakukan tugasnya untuk membersihkan virus secara maksimal, maka anda juga bisa membersihkan virus secara manual. Dalam hal ini, Anda harus bisa menyadari bahwa terdapat aplikasi tertentu yang bisa merusak HP Anda.

Langkah pertama yaitu dengan mengaktifkan mode aman di ponsel Anda. Kemudian proses pembersihannya mungkin berbeda-beda tergantung pada versi yang ada di Smartphone Anda, rata-rata kebanyakan HP akan mengalami proses yang sama. Anda bisa menekan tombol on/off dan restart. Pada saat animasi muncul di layar, maka tekan dan tahan tombol volume bawah hingga ponsel masuk ke mode aman.

Sesudah HP anda dalam mode aman, buka daftar aplikasi yang telah terinstal di HP Kemudian hapus aplikasi yang menjadi sumber kerusakan pada sistem Android. Setelah anda uninstall aplikasi yang terinfeksi pada HP anda, jalankan pemindaian virus lagi untuk menghapus sisa virus yang terdapat pada HP. Setelah itu Anda telah berhasil menghapus virus dari HP Android anda.

Cara melindungi ponsel Android dari virus

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat membantu anda untuk mencegah virus atau malware menyerang HP Android yang anda miliki, diantaranya:

  • Selalu pastikan aplikasi yang diunduh berasal dari sumber yang terpercaya.
  • Selalu perbarui perangkat lunak apabila mengeluarkan pembaruan software pada HP.
  • Apabila anda menerima link atau pesan yang mencurigakan, jangan pernah untuk klik link tersebut karena bisa mengarah ke situs web yang berbahaya.
  • Usahakan Jangan pernah menggunakan kata sandi yang terlalu sederhana dan mudah ditebak. Gunakanlah kata sandi yang kuat.
  • Jangan masuk ke koneksi Wi-Fi publik karena seringkali tidak aman. Tetapi apabila Anda memang ingin menggunakannya, usahakan selalu gunakan VPN yang terpercaya.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis virus atau malware yang bisa menyerang HP Android, cara mengetahui keberadaan virus, serta cara-cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan virus dari HP Android. Semoga bermanfaat!

Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

2 comments for " Cara Membersihkan Virus di HP Android"

  1. mantap gan. makasih infonya top

    ReplyDelete
  2. Berikut beberapa rekomendasi hotel terbaik di Jogja yang tentunya menawarkan harga yang murah dan fasilitas yang unik

    ReplyDelete