Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan Niche Blog

Penting untuk para Blogger sadari di awal pembuatan blog adalah menentukan Niche yang sesuai dengan kemampuan penulis dan pemahaman penulis. Kenapa Niche penting? Niche memiliki pengaruh yang sangat signifikan untuk menentukan keberhasilan ataupun kegagalan yang sedang kamu buat.

Niche bisa juga di ibaraktan dengan Tema, Nah Tema inilah yang menjadi tugas utama kamu untuk menentukan mau di bawa ke arah mana nantinya blog yang akan kamu buat.  Dalam menentukan Tema jika kamu benar-benar kurang paham Tema ini bisa menjadi sesuatu yang menakutkan.

Blogger

Apa yang ingin kamu tulis dalam blog kamu? Kamu harus benar-benar memahaminya. Sebisa mungkin cobalah pikirkan, buatlah blog dengan tema didalamnya yang membahas topik-topik populer dan banyak diminati banyak orang.

Mengapa membuat blog yang memiliki topik popular dan diminati banyak orang? Jika kamu membuat sebuah blog yang isi pembahasannya mengenai diri anda sendiri itu cukup sulit untuk dikembangkan terkecuali jika dalam kehidupan kamu terdapat topik-topik yang menarik agar orang-orang tertarik untuk membacanya jika tidak maka kamu akan kesulitan untuk mendatangkan pengunjung ke blog yang kamu buat.

Pilihlah topik yang membuat pengunjung tertarik untuk membaca di blog yang kamu buat. Kebanyakan blogger memilih untuk menggunakan/membuat blog yang pembahasan yang mereka sukai, seperti : minat, hoobi, tutorial dan lain-lain. Ide ini sebenarnya tidaklah buruk untuk memulai pertamakali dalam membangun/membuat sebuah blog untuk tahap awal.

Jika Blog anda sudah memasuki tahap awal sekarang baru cobalah untuk menentukan target kemana bloh anda akan diarahkan. Kembangkan blog anda agar menjadi lebih besar lagi dari yang sekarang. Terdapat 2 tipe Blog yang bisa kamu kembangkan jika sudah melewati tahap awal yaitu Blog Terfokus dan Blog Umum.

Blog Terfokus adalah Blog yang dalam pembahasannya terpusat pada satu tema atau pembahasan seperti blog yang berfokus pada pembahasan Otomotif, Teknologi, Keuangan dan lain sebagainya. Dalam blog ini kamu harus berfokus pada satu pembahasan saja, Blog dengan tipe ini memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Kelebihan dari Blog Tefokus : Blog dengan tipe ini membuat blog kamu dapat dikenal dengan pembahasan yang terfokus. Jika pengunjung ingin mencari tahu mengenai topik pembahasan (Misal Teknologi) maka mereka bisa langsung mengunjungi blog kamu dan bisa mencari segalahal mengenai teknologi yang kamu buat sebagai topik pembahasan. Hal ini juga bisa membuat Blog kamu didatangi advertiser (Pengikalan) sesuai dengan blog yang kamu buat sehingga tampilah bisa terlihat lebih rapi dan professional.

Kelemahan dari Blog Terfokus : untuk materi yang bisa kamu buat tergolong sempit dalam mencari materinya, hal ini dikarenakan kamu tidak boleh menyimpang dari topik pembahasan di dalam blog kamu. Hal ini menjadikan kamu kesulitan dan cepat merasa bosan jika membuat pembahasan yang sama berulang ulang.

Blog Umum, Blog dengan tipe ini di kalangan blogger biasa disebut dengan Blog Gado-gado. Blog dengan tipe ini membahas segala hal (tidak terfokus pada 1 topik pembahasan). Blog dengan tipe ini cukup banyak dibuat oleh para kalangan blogger pemula hingga menengah, bahkan ada beberapa blogger yang sudah terkenal membuat blog dengan tipe ini.

Kelebihan Blog Umum (Gado-gado) : Kelebihan yang bisa kamu dapat dari membuat blog dengan tipe ini adalah kamu tidak perlu bingung dalam menentukan topik yang ingin kamu bahas, hal ini tentunya sangat menguntungkan karena kamu tidak akan kehabisan ide dalam membuat sebuah artikel nantinya.

Kelemahan Blog Umum (Gado-gado) : Kelemahan Blog ini akan membuat sebagian pembaca merasa kebingungan karena di dalam blog yang kamu buat memiliki banyak postingan yang tidak terkait/berhubungan dengan artikel lainnya. Kelemahan kedua jika kamu memasang sebuah iklan maka iklan yang akan dampil kebanyakan tidak berhungungan dengan topik yang kamu bahas sehingga penghasilan yang kamu peroleh tidak sebesar Blog Terfokus.

Berikut ini adalah beberapa topik yang sering para blogger bahas dalam blogger mereka, untuk pembahasannya juga cukup popular dan banyak diminati oleh para pembaca.

  • Otomotif
  • Komputer & Teknologi Informasi
  • Gadget
  • Musik
  • Berita
  • Fotografi
  • Politik
  • Belanja
  • Keuangan

Itulah pembahasan yang bisa saya sampaikan dalam menentukan topik pembahasan Blog yang akan kamu buat nantinya. Kalian bisa membuat blog untuk tahap awal dengan membuat topik pembahasan yang kamu sukai. Jika sudah barulah mulai kamu pikirkan mau dikembagkan kearah mana blog kamu nantinya. Blog terfokus atau Blog Umum, semua pilihan Kembali ke tangan anda yang membuat blog tersebut. Semua Blog memiliki kelemahan dan keunggulannya masing masing.

Terima kasih sudah berkunjung. Selamat mencoba!!!

Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

1 comment for " Cara Menentukan Niche Blog"

  1. LAYANAN BENGKEL SERVICE MOBIL PANGGILAN
    Kami speedcar.id hadir sebagai Bengkel Service Mobil Panggilan yang mengerjakan diagnosa dan perbaikan di tempat anda sendiri sehingga anda tidak perlu mencari dan bertanya “dimana bengkel mobil yang terdekat dengan lokasi saya?”. Jangan pernah merasa stres tentang perbaikan mobil lagi. Bengkel Service Mobil Panggilan Speedcar menawarkan pengalaman unik yang tak tertandingi yang disediakan oleh staf layanan kami yang ramah, mudah didekati, dan sangat terlatih. konsultasikan permasalahan kendaraan anda, kami akan estimasikan perbaikan yang dibutuhkan dan datang ke lokasi anda segera. Jadi, Speedcar.id adalah Pilihan untuk anda yang ingin semua serba cepat dan ringkas.

    Bengkel Mobil Panggilan
    Spesialis Servis dan Sparepart Mobil Dodge Jeep Chrysler

    ReplyDelete