Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cloud Computing, Kemampuan Teknologi yang Paling Banyak Dicari Saat Ini!

Dalam bisnis selalu ada adaptasi teknologi di berbagai bidang yang mampu membawa dampak yang cukup signifikan, terutama dalam dunia kerja. Sebelumnya tak sedikit pekerjaan yang masih dilakukan secara manual,tetapi saat ini sudah bisa diautomasi dengan kehadiran teknologi. Hal tersebut dapat mengakibatkan kelangkaan berbagai jenis pekerjaan yang dikerjakan secara manual, khusunya yang bersifat konvensional. Tetapi, pemanfaatan teknologi sebenarnya bukanlah suatu ancaman bagi seseorang yang memiliki pandangan yang luas dan yang mempunyai keahlian khusus, malah justru menjadi suatu kesempatan yang luar biasa. Karena, di balik kelangkaan pekerjaan yang dilakukan secara manual, muncul juga beragam pekerjaan baru di bidang teknologi digital yang justru semakin banyak dicari oleh banyak perusahaan.

Peningkatan pemanfaatan teknologi yang pesat dan automasi hanya bisa menjadi suatu ancaman bagi para individu yang tidak siap dan tidak memiliki kemampuan khusus. Padahal, pada era teknologi seperti sekarang ini pasti akan tiba juga, entah kita suka atau tidak. Langkah yang paling tepat supaya kita mampu menghadapi persaingan di era teknologi seperti sekarang adalah membekali diri dengan beragam kemampuan yang juga bisa berhubungan dengan seputar teknologi. Dengan kemampuan yang tepat dan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan itulah, maka pasti kita mampu bertahan dan mempunyai kesempatan  yang sangat besar untuk mendapatkan sejumlah bekerja.

Cloud Computing

Lalu, kemampuan teknologi seperti apa yang paling dicari di saat ini dan masa depan ya?  Simak ulasan berikut ini.

Cloud Computing

Para pelaku bisnis di berbagai bidang semakin sering memakai sebutan transformasi digital. Belum lagi  saait ini kita sedang dihadapi dengan pandemi Covid-19 yang berlangsung secara global di seluruh dunia yang telah memakan banyak korban, percepatan transformasi digital untuk bisnispada bidang konvensional bukan hanya sekedar sebutan belaka, melainkan sudah menjadi suatu kebutuhan supaya  mamapu beradaptasi dengan kondisi yang tidak memungkinkan apabila hanya mengandalkan cara-cara lama  dan kuno untuk menjalankan dan menekuni operasional bisnis diberbagai bidang.

Penggunaan cloud computing atau komputasi awan meruakan salah satu bagian dari langkah transformasi digital. Cloud computing menyediakan berbagai keuntungan, khususnya dari sisi efisiensi, efektivitas, dan fleksibilitas pada bisnis yang sedang dijalankan. Baik itu dari biaya yang lebih murah dan  terjangkau, enkripsi dan keamanan yang juga bisa sangat diandalkan, kapasitas servernya juga tak terbatas, jadi mampu berintegrasi dengan berbagai layanan cloud lainnya.

Apabila kamu mempunyai kemampuan di bidang cloud computing  maka secara otomatis akan membuka banyak peluang. Apalagi apabila kamu juga mengantongi sertifikasi seperti AWS Certification yang dijamin akan memberikan nilai tambah untuk perkembangan karir kamu. Nah bagi kamu yang belum mengetahui cloud compting, simak juga ulasan tentang definisi, cara kerja serta fungsi cloud computing.

Definisi Cloud Computing

Cloud Computing adalah istilah dari Cloud yang diartikan sebagai ‘internet’ dan ‘Computing’ diartikan sebagai komputer. Cloud Computing mempunyai definisi yaitu suatu proses pengolahan daya komputasi yang dilakuakan melalui jaringan internet  yang mempunyai fungsi supaya bisa menjalankan atau mengakses program melalui komputer yang telah terkoneksi  antara satu sama lain pada waktu yang bersamaan.

Bukan hanya itu, Cloud Computing juga merupakan suatu teknologi yang memanfaatkan internet yang menjadi pusat server ketika mengelola suatu data tertentu dan juga aplikasi tersebut. Cloud Computing mampu mempermudah penggunanya guna menjalankan atau mengakses program tanpa harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu dan mampu mempermudah pengguna pada saat mengakses data dan informasi melalui jaringan internet.

Cara Kerja Cloud Computing

Teknologi pada Cloud Computing ini memang memnjadikan jaringan internet sebagai pusat server pada saat mengelelola data. Sistem ini mampu mempermudah penggunanya untuk login atau masuk ke internet supaya bisa mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tertentu yang dibutuhkan tanpa harus mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Sebab tidak perlunya melakukan pengunduhan pada suatu aplikasi itulah, maka untuk media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual jadi tidak akan terbebani dengan adanya penggunaan memori yang sangat besar yang mungkin akan membebani computer anda. Arahan-arahan atau sebuah perintah yang digunakan oleh pengguna tadi kemudian akan diteruskan menuju server aplikasi.

Setelah arahan atau perintah tersebut diterima oleh sever aplikasi, maka data akan segera diproses yang pada akhirnya pengguna akan segera menerima halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan perintah atau arahan yang telah diberikan sebelumnya. Misalnya dari Cloud Computing adalah PDF Gmail, Yahoo, Google Drive.

Perintah yang diberikan dalam penggunaan bentuk aplikasi tersebut bisa secara langsung terintegrasi dengan sistem Cloud Computing yang terdapat pada computer kita. Pengguna hanya membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil supaya mampu menjalankan atau mengakses aplikasi tersebut tanpa perlu melakukan pengunduhan terlebih dahulu.

Fungsi Cloud Computing

Sektor bisnis yang menguunakan banyak computer pasti membutuhkan layanan teknologi yang berkapasitas sangat tinggi dengan biaya yang mahal pula. Hal tersebutlah yang menjadikan Cloud Computing menjadi salah satu solusi sebab harganya jauh lebih terjangkau dan bagus.

Selain itu, Cloud Computing juga mempunyai media penyimpanan, fleksibel dan dinilai jauh lebih efisien untuk diterapkan dalam sektor bisnis dberbagai bidang. Cloud Computing juga menjadi solusi  yang sangat tepat untuk menurunkan permintaan hardware dan software pengguna. 

Cloud Computing ini bisa dipakai oleh pengguna sebab tidak harus memakai banyak aplikasi melainkan hanya menjalankan software interface dari cloud computing dengan browser web. Secara otomatisni juga menjadi solusi dalam penyelesaian berbagai masalah teknologi  dengan jaringan Cloud yang cepat tanggap.

Demikianlah ulasan seputar cloud computing yang sangat dicari saat ini. Semoga bermanfaat!

Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

Post a Comment for "Cloud Computing, Kemampuan Teknologi yang Paling Banyak Dicari Saat Ini!"