Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Tips Menggunakan Android 10

Android 10 adalah salah satu pembaruan paling penting yang pernah dirilis Google untuk sistem operasi selulernya, namun saat Anda melihat perangkat lunak tersebut untuk pertama kalinya, Anda mungkin akan bingung tentang apa yang sebenarnya berbeda.

Pertimbangkan ini sebagai peta jalan Anda. Berikut adalah petunjuk untuk mengungkap dan memaksimalkan tambahan Android 10 yang paling berguna. Tidak peduli kapan Anda mendapatkan perangkat lunak atau jenis ponsel yang Anda gunakan, Anda akan menemukan banyak opsi baru dan berharga untuk dijelajahi.

Tips Menggunakan Android 10

1. Navigasi Gerakan

Sistem gerakan baru Android 10 benar-benar mengubah cara Anda bergerak di sekitar ponsel Anda, tetapi jika Anda menggunakan perangkat yang ditingkatkan ke Android 10 (berlawanan dengan pengiriman dengan itu di luar kotak), Anda mungkin tidak akan pernah mengalaminya. gerakan kecuali Anda berusaha keras untuk melacaknya.

Cobalah sistem baru ini dengan berlari cepat ke bagian Sistem dari pengaturan telepon Anda dan pilih opsi "Gestur". Pilih "Navigasi sistem" dan kemudian ubah dari "navigasi 3 tombol" menjadi "Navigasi isyarat" untuk memulai.

2. Opsi tak terlihat lainnya yang patut diingat

Jika Anda menggesek dari sisi layar menggunakan dua jari saat menu dalam aplikasi tersedia, Anda akan mendapatkan menu alih-alih mengaktifkan perintah Kembali setiap saat.

3. Geser dari mana saja

Meskipun menggesek dari kiri layar tampak paling alami untuk tahun-tahun sebelumnya, jika Anda kidal atau jika Anda cenderung memegang ponsel di tangan kanan saat menggunakannya, terlepas dari embel-embel mana yang lebih dominan, perhatikan: Android 10's Gerakan ke belakang bekerja dengan cara yang sama dari kedua sisi layar. Itu berarti Anda juga dapat menggeser dari tepi kanan untuk mundur selangkah, yang jauh lebih mudah dilakukan saat ibu jari Anda sudah bertumpu pada sisi perangkat tersebut.

4. Akses Asisten Google

Anda tidak akan pernah mengetahuinya, tetapi Anda dapat mengakses Asisten Google dari mana saja di sistem operasi - layar beranda Anda, di tengah aplikasi, sebut saja dengan menggeser ke atas secara diagonal dari salah satu sudut bawah layar. Sudut kiri bawah tampaknya menjadi tempat yang digunakan sebagian besar orang secara default, tetapi cobalah mengandalkan sudut kanan bawah untuk aktivasi Asisten sebagai gantinya. Ia bekerja dengan cara yang sama, tetapi tidak seperti padanannya yang tinggal di kiri, ia tidak tumpang tindih dengan tindakan sistem umum lainnya (seperti perintah pembukaan menu aplikasi yang indah yang baru saja kita diskusikan) dan sejauh ini lebih mungkin untuk bekerja secara konsisten dan tanpa ada Konsekuensi yang tidak diinginkan.

Pintasan tersembunyi dan penghemat waktu

6. Bar navigasi bawah layar di Android 10 menyimpan fungsi tersembunyi yang sangat berguna

Kemampuan untuk memungkinkan Anda beralih kembali dengan cepat ke aplikasi yang terakhir digunakan, mirip dengan Alt-Tab di Windows. Apa pun yang Anda lakukan, cukup jentikkan bilah ke kanan untuk melompat mundur satu langkah ke aplikasi apa pun yang terakhir Anda buka. Jika kemudian Anda ingin kembali ke aplikasi asal, Anda dapat menjentik bilah bawah ke kiri, tetapi, yang membingungkan, hanya sekitar lima detik setelah menjentikkan bilah awal; setelah itu, aplikasi asli Anda akan berpindah posisi dan Anda harus mengibaskan bilah ke kanan lagi untuk mendapatkannya.

7. Jika Anda ingin kembali lebih jauh dalam rangkaian riwayat aplikasi Anda, terus jentik bilah bawah ke kanan. Setiap gesekan singkat akan membawa Anda kembali ke langkah berikutnya.

8. Antarmuka Ringkasan Android 10

Antarmuka Ikhtisar Android 10, dapat diakses dengan menggesekkan jari Anda dari bagian bawah layar dan kemudian berhenti setelah sekitar satu inci memiliki beberapa fungsi tak terlihat yang menarik. Pertama, Anda mungkin tahu bahwa Anda dapat mengetuk kartu aplikasi apa pun di dalam area Ringkasan untuk membukanya. Tetapi untuk metode alternatif yang cocok dengan gerakan berorientasi gesek yang sudah Anda buat, cobalah menggesek kartu sebagai gantinya. Itu akan mencapai hal yang sama dengan cara yang lebih cepat dan lebih alami.

9. Selanjutnya, waspadalah

Selain menggesek ke kiri dan kanan pada kartu itu sendiri dalam Ringkasan, Anda juga dapat menggesek di sepanjang bilah bawah layar untuk menelusuri aplikasi yang baru-baru ini Anda gunakan dan menemukan yang Anda inginkan. Sapuan singkat dan lembut akan menggeser Anda satu aplikasi pada satu waktu, sementara gesekan yang lebih kuat dan lebih panjang akan membuat Anda jatuh dari beberapa aplikasi dan membawa Anda lebih dekat ke bagian akhir daftar.

10. Seluruh laci aplikasi dari mana saja

Jika Anda menggunakan ponsel dengan Pixel default Google sendiri, Anda dapat mengakses seluruh laci aplikasi dari mana saja di sistem operasi. Cukup gesek ke atas satu kali dari bagian bawah layar, seolah-olah Anda membuka Ikhtisar, lalu gesek ke atas untuk kedua kalinya dengan cara yang sama.

11. Persentase yang tepat dari berapa banyak daya baterai

Alih-alih menunjukkan persentase pasti berapa banyak daya baterai yang tersisa di ponsel Anda di area Pengaturan Cepat, seperti yang telah dilakukan Android di masa lalu, Android 10 menunjukkan perkiraan berapa banyak waktu yang tersisa untuk pengisian daya Anda saat ini, berdasarkan tipikal Anda. pola penggunaan. Itu bisa berguna tetapi terkadang Anda hanya ingin tahu persis berapa banyak baterai Anda yang tersisa.

12. Privasi dan konektivitas

Android 10 memberi Anda kontrol yang lebih besar atas bagaimana dan kapan aplikasi dapat mengakses lokasi Anda, yang merupakan peningkatan besar atas pendekatan semua atau tidak sama sekali yang tersedia di masa lalu - tetapi, yang terpenting, terserah Anda untuk masuk dan menyesuaikan aplikasi yang ada izin setelah peningkatan muncul di ponsel Anda. Untuk melakukan itu, buka bagian Privasi dari pengaturan sistem Anda dan ketuk "Manajer izin" diikuti dengan "Lokasi."

Di sana, Anda akan dapat melihat setiap aplikasi yang saat ini diberikan kemampuan untuk mengakses lokasi Anda setiap saat, bukan hanya ketika Anda secara aktif menggunakan aplikasi tersebut. Pertimbangkan dengan cermat setiap item dalam daftar itu dan pikirkan apakah itu benar-benar membutuhkan tingkat akses lokasi itu untuk beroperasi. Untuk aplikasi apa pun yang tampaknya tidak memerlukan akses semacam itu, ketuk judul aplikasi, lalu ubah setelannya dari "Izinkan sepanjang waktu" menjadi "Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi" atau, jika Anda tidak ingin aplikasi memiliki akses ke lokasi Anda sama sekali, ubah setelannya menjadi "Tolak".

Dwi Oni
Dwi Oni Hallo, Nama Saya Oni Dwi Junaedi, Saya Blogger Asal Pemalang. Saya memulai kegiatan Bloger sejak tahun 2018. Semoga Blog ini dapat terus berkembang.

Post a Comment for "12 Tips Menggunakan Android 10"